Pasar Di Surabaya Banyak Yang Kumuh Dan Bau

Surabaya (infosurabaya.id) – Pemilihan direktur utama (dirut) PD Surya Surabaya yang tengah berlangsung, menjadi momentum para pedagang menyampaikan aspirasi. Kumpulan Pedagang Pasar Seluruh Surabaya (KPPSS) salah satunya, berharap sosok dirut yang terpilih benar-benar memiliki kemampuan dalam menata pasar.

“Saat ini masih banyak pasar yang tidak terurus, kumuh dan berbau,” kata Ketua KPPSS, Hakim.

Hakim lantas mencontohkan kondisi Pasar Blauran. Sebagai fasilitasnya tidak bisa digunakan.  “Ada WC yang tidak bisa digunakan, kalau digunakan airnya meluber keluar padahal itu berada dekat warung makan. itu menghabiskan dana Rp 148,5 juta” ujar Hakim.

Kondisi pasar yang baru diperbarui, juga mengalami masalah. Manajemen pengelolahannya tidak optimal dalam mengurusnya. “Kapasan yang terkenal begitu ramai, ternyata sebagia yang ngelolah bukan PD Pasar” ujar Hakim.

Permasalahan penggusuran Pasar Keputran atau Pasar unggas harus diperhatikan oleh PD Surya Surabaya. Sebaiknya dilokasi ini sediakan Instalasi Pengelolahan Limbah (IPAL) pihak pasar, bukan pedagang. “IPAL kan memang kewajiban pasar, bukan pedagang. mereka mau dipindah ke Panjang Jiwo tapi warganya menolak karena tidak ada IPAL” tegasnya.

Dikatakan Hakim, keberadaan pasar di Surabaya semakin sedikit jumlahnya yang aktif beroperasi. Sebelumnya ada 81 pasar aktif, sekarang tinggal 67 pasar. “Saya ngitungnya dulu anggota saya sekitat 55 ribu orang lebih, sekarang hanya tinggal 24 ribu orang” ucapnya.

Harapannya calon yang terpilih nanti bisa memberikan jalan keluar untuk permasalahan yang ada , dapat membenahi dan mengatasi semua persoalan di PD Surya Surabaya.dya/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here