Kami Insan Pers, Siap Junjung Tinggi Profesionalisme Media

Surabaya – Dalam momentum Hari Pers Nasional 2019 di Jawa Timur ini, kami, masyarakat pers nasional Indonesia ingin menyampaikan pemikiran terkait dengan suksesi kepemimpinan nasional tahun 2019.

Masyarakat pers nasional Indonesia mendukung calon-presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR-RI, DPD, DPRD Tingkat I dan DPRD Tingkat II dengan syarat sebagai berikut:

1. Menunjukkan komitmen yang sungguh-sungguh untuk berpihak pada proses pelembagaan dan penguatan kemerdekaan pers.

2. Menunjukkan kesungguhan untuk senantiasa menghindari segala bentuk kriminalisasi, kekerasan dan sensor terhadap pers dan wartawan.

3. Memiliki komitmen untuk menghadirkan peraturan-peraturan yang mendukung daya hidup pers nasional di tengah-tengah penetrasi perusahaan media sosial, mesin-pencari, aggregator berita dan ecommerce global yang semakin dominan di Indonesia dan terus menggerogoti daya hidup pers nasional.

Baca Juga  Presiden Cabut Remisi Pembunuh Jurnalis

4. Memiliki kepedulian terhadap peningkatan profesionalisme dan kesejahteraan wartawan dengan mencanangkan program-program pendidikan, pelatihan, serta peningkatan kesejahteraan wartawan.

Dalam rangka mensukseskan pemilihan umum pada bulan April 2019 nanti, kami segenap komunitas pers nasional Indonesia dari Sabang sampai Merauke menyatakan bersama-sama:

1. Menjaga kerukunan dan persatuan bangsa yang Ber-Bhineka Tunggal Ika.

2. Menciptakan suasana kondusif bagi pelaksanaan pemilihan umum yang aman, tenteram dan berkualitas.

Baca Juga  Presiden Jokowi: Masyarakat Semakin Tak Percaya Medsos

3.  Memerangai hoax dan dan penyebaran kebencian dan pertentangan SARA dengan menjadikan pers sebagai clearing house.

4. Memeriahkan pesta demokrasi dengan semangat kegembiraan dan persaudaraan antar sesama warga bangsa.

Kami, komunitas pers Indonesia juga menyatakan akan menjunjung tinggi profesionalisme media, uji kompotensi wartawan dan verifikasi perusahaan pers sebagaimana dicetuskan dalam Piagam Palembang 2010.

Surabaya, 9 Februari 2019
 
Margiono Prasetyo (Penanggung Jawab HPN 2019)

Yosep Adi (Ketua Dewan Pers)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here