SMA Swasta Gratis Di Surabaya Tak Lama Lagi Terwujud

Surabaya (infosurabaya.id) – Rencana Pemkot Surabaya membangun SMA swasta gratis untuk menampung siswa siswi SMA/SMK yang rentan putus sekolah dipastikan bakal segera terealisasi.

Kebijakan sekolah gratis bernuansa SMK dengan banyak memberikan ruang pelatihan dan laboratorium bengkel itu sudah disiapkan infrastrukturnya.

Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Bidang Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Iman Krestian sekolah itu akan diwujudkan di SMA Dharma Wanita.

Sekolah itu akan ditambah dengan fasilitas laboratorium, bengkel dan tempat praktik untuk siswa sehingga bisa mendapatkan bekal skill lebih banyak.  Gedung untuk fasilitas tersebut sudah selesai dikerjakan dan sudah siap dihuni oleh siswa tidak mampu.

“Kita sudah selesai mengerjakan di eks kantor kelurahan Dukuh Kupang yang kita ubah modulnya menjadi enam ruangan di dua lantai,” kata Iman.

Ia mengatakan pengerjaan gedung itu sudah diselesaikan dengan anggaran di APDB tahun 2018 lalu.  Dan awal tahun ini sudah selesai tahap finishing. Sehingga kini sudah siap untuk dimanfaatkan.

“Kemungkinan ruang di gedung yang sudah kita ubah modulnya akan dibuat ruang-ruang lokal kelas. Tapi untuk fungsionalnya ada di Dinas Pendidikan,  kami hanya membangun,” imbuh Iman.

Baca Juga  Sempat Dibidik KPK, PPDB SMA Harus Dievaluasi

Menurutnya, anggaran untuk rehab gedung tersebut tidak menggunakan proses lelang.  Melainkan dikerjakan sendiri oleh Satgas DPRKP-CKTR, sehingga cepat dan tidak membutuhkan proses lelang yang panjang.

Lebih lanjut menurut Iman, setelah gedung selesai,  maka pemanfaatannya bakal dikelola langsung oleh dinas terkait yaitu Dinas Pendidikan.  Termasuk untuk penerimaan siswa dan juga sistem sekolah SMA swasta yang digagas Pemkot Surabaya. “Yang jelas kalau bangunannya sudah siap difungsikan,” tegasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan Pemkot Surabaya bertekad menekan angka putus sekolah jenjang sekolah menengah atas di tahun 2019 ini.

Untuk itu, tahun ini Pemerintah Kota Surabaya bakal mendirikan sekolah SMA swasta. Ini merupakan kebijakan yang digadang akan bisa menjaga agar anak-anak Surabaya bisa terus sekolah dan tidak putus pendidikannya.

Inisiasi mendirikan sekolah swasta ini digadang sebagai program agar Pemkot Surabaya tetap bisa memberikan intervensi pada para siswa Surabaya di jenjang SMA yang pengelolaannya di bawah Pemprov Jawa Timur.

“Kita akan membuat SMA swasta tapi kualitasnya sama dengan SMK. Jadi akan banyak pelatihannya sehingga begitu dia selesai sekolah sudah bisa langsung siap kerja,” kata Risma.

Di sekolah swasta ini juga bakal disiapkan sertifikasi untuk setiap keahlian yang dimiliki siswa sebagai bukti kompetensi lulusan.

Baca Juga  Begini Cara Daftar Program Bidikmisi

Untuk itu,  Pemkot Surabaya siap untuk menggandeng BUMN,  BUMD,  dan juga kalangan swasra untuk membantu anak-anak yang sekolah di SMA swasta berkualitas SMK tersebut.

“Sekolah ini gratis.  Khusus bagi anak-anak yang rentan putus sekolah. Aku ingin sekali bisa menghilangkan angka putus sekolah di jenjang SMA SMK,” tambah Risma.

Tidak hanya itu, politisi PDIP ini juga mengatakan bahwa Pemkot siap menyediakan akses transportasi bagi para siswa yang akan sekolah di sini.

Sehingga mereka yang rumahnya jauh jaraknya dari sekolah tetap bisa menjangkau dan tidak terbebani biaya transportasi setiap harinya.

Lebih lanjut terkait fasilitas SMA swasta yang didirikan Pemkot Surabaya ini,  Risma menjamin fasilitasnya akan lengkap.  Dan akan diperbanyak laboratoriumnya.

“Fasilitasnya lengkap,  khususnya laboratorium, seperti bengkel.  Jadi supaya bisa banyak prakter mereka,” kata Risma.

Risma menarget tahun ini bangunan untuk sekolah swasta ini siap. Lokasi laboratoriumnya juga sudah disiapkan di eks kelurahan Dukuh Kupang.  Disana ada gedung berlantai dua yang bisa digunakan untuk kerja laboratorium para siswa nantinya.

“Jadi ini bukan SMA murni tapi justru dicampur dengan praktek laboratorium,” pungkas Risma.rwt/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here