Pemungutan Suara Ulang Berpotensi Dilakukan Di Jawa Timur

Surabaya (infosurabaya.id) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur membuat daftar potensi Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu 2019 untuk 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 9 daerah berdasarkan hasil kajian dan investigasi dari laporan pengawas pemilu yang ada di lapangan.

“Jenis pelanggarannya bermacam-macam, tapi rata-rata karena ada pemilih dari luar daerah yang menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut yang tidak memenuhi syarat,” kata komisioner Bawaslu Jatim, Aang Khunaifi saat dikonfirmasi Jumat (19/4/2019).

Di jelaskan Aang, 11 TPS yang berpotensi dilakukan PSU yakni TPS 007 Kelurahan Kranggan, Kec Kranggan Kota Mojokerto. TPS 06, Desa Bancangan, Kec Sambit, Kab Ponorogo. Lalu TPS 15 di Desa Banyuning Laok, Kec Geger, Kab Bangkalan.

Selanjutnya, TPS 17 Kelurahan Penanggungan, Kec Klojen, Kota Malang. TPS 28 Kelurahan Rungkut Kidul, Kec Gununganyar, Kota Surabaya. TPS 3 Desa Masalima Kec Masalembu Kab Sumenep, TPS 03 Desa Trapang Kev Bayuwates Kab Sampang. TPS 6 Desa Madupat Kec Camplong Kab Sampang.

Baca Juga  Jelaskan Pentingnya Pemilu 2019, Fandi Utomo: Demi Kepentingan Konsolidasi Demokrasi

Kemudian TPS 9 Desa Rabesen Kec Camplong Kab Sampang, TPS 10 Desa Dahanrejo Kec Kebomas Kab Gresik, dan TPS 1 Desa Awang-AWang, Kec Mojosari, Kab Mojokerto. “Temuan di Dahanrejo Kec Kebomas Gresik karena ada 7 pemilih yang tidak memenuhi syarat (tidak punya e-KTP dan tidak terdaftar di DPT, DPTb dan DPK) memaksa memilih dan mencoblos susat suara Presiden di TPS 10,” beber Aang Khunaifi

Diakui Aang, kejadian yang cukup menyita perhatian Bawaslu adalah yang terjadi di Sampang dan Sumenep. Pasalnya di TPS 3 Desa Masalima, Kec Masalembu, Kab Sumenep terdapat 70 surat suara Pilpres, 68 surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota yang dicoblos KPPS. “Ini jenis pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara sendiri,” bebernya.
.
Sedangkan di TPS 03 Desa Trapang Kec Bayuwates Kab Sampang terdapat 90 surat suara DPRD Kabupaten tercoblos sebelum pemungutan suara. “Kemudian di TPS 6 di Desa Madupat, Kec Camplong Kab Sampang ada 5-10 surat suara PPWP dicoblos oleh KPPS dan 4 warga setempat saat pemungutan suara,” jelas Aang

Baca Juga  Bu Risma Aja Sudah Nyoblos, Kamu?

Lantas apakah 11 TPS tersebut hampir pasti dilakukan PSU? Dengan diplomatis Aang Khunaifi menyerahkan sepenuhnya kepada Panwaslu daerah masing-masing. “Yang berhak merekomendasi dilakukan PSU atau tidak itu Panwaslu Kab/Kota setempat, kami hanya melakukan verifikasi saja hasil temuan dan investigasi,” pungkasnya.wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here