Pendirian BUMD Pangan Jadi Solusi Efektif Bagi Jawa Timur

Surabaya (infosurabaya.id) – Rencana pendirian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bidang pangan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mendapat dukungan penuh dari Komisi C DPRD Jawa Timur.

“Jelas kami sangat mendukung. Karena pendirian BUMD pangan menjadi solusi yang sangat efektif sebagaimana yang diharapkan oleh ibu Gubernur,” tegas Wakil Ketua Komisi C DPRD Jatim, Renville Antonio di Surabaya.

Diakui Renville, saat ini, Pemprov Jatim memiliki perusahaan yang mengurusi soal pangan, yakni Puspa Agro. Akan tetapi, perusahaan tersebut masih berstatus anak perusahaan dari BUMD PT. Jatim Graha Utama (JGU). Untuk itu, Renville mengusulkan agar Puspa Agro dilepaskan dari induknya lalu dijadikan BUMD.

Baca Juga  Ini Alasan Gubernur Khofifah Ingin Bangun Stadion Sekelas GBK

“Kami mengusulkan kepada ibu Gubernur dan Wakil Gubernur agar Puspa Agro menjadi BUMD, karena Puspa Agro ini tidak bisa bergerak secara maksimal karena saat ini statusnya bukan BUMD. Jadi sekarang sudah saatnya ditingkatkan kelasnya,” terang politisi asal partai Demokrat ini.

Dengan begitu, lanjut Renville, pemprov Jatim tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk mendirikan BUMD pangan.

Baca Juga  Rumah Pejabat Pemprov Jatim Diperiksa KPK

“Puspa Agro itu lebih tepat dijadikan BUMD pangan. Jadi, tidak perlu mengeluarkan biaya banyak dan segala macam,” tutup Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim ini.

Sebelumnya, Gubernur Khofifah mengungkapkan jika pemprov Jatim saat ini fokus untuk mendirikan BUMD pangan. Tujuannya, pemerintah dapat melakukan intervensi agar komoditi pangan tetap stabil, tidak mengalami kenaikan maupun penurunan harga yang signifikan.rwt/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here