12 Molotov Dan 6 Clurit Diamankan Polda Jatim Dari Calon Peserta Aksi 22 Mei

Surabaya (infosurabaya.id) – Polda Jatim mengamankan total 12 botol bom molotov dari massa yang hendak berangkat ke Jakarta untuk ikut aksi 22 Mei. Bom ini diperoleh saat polisi sedang menghalau massa dari Jatim beberapa waktu lalu.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan pihaknya juga menyita empat clurit. Namun, dari penyitaan ini, pihaknya belum menetapkan tersangka lantaran alat tersebut belum digunakan.

“Kita menyita 12 molotov dan empat clurit yang kita amankan sebagai hasil pencegahan dan pemeriksaan. Belum kita tetapkan tersangka, dan alatnya belum digunakan,” kata Barung di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (22/5/2019).

Baca Juga  Tersangka Kerusuhan 22 Mei Diduga Terafiliasi Jaringan ISIS

Selain itu, menanggapi kerusuhan di Jakarta, Barung mengatakan Kapolda Jatim Irjen Luki Hermawan telah menyiapkan berbagai antisipasi. Salah satunya sweeping dan mencegah masyarakat untuk tidak ke Jakarta.

Barung menambahkan polisi tidak ingin ada warga Jatim yang bergabung dan menjadi salah satu korban kerusuhan.

“Kemarin kita sudah pulangkan 1.700 orang. Apa yang dilakukan Polda Jatim semata-mata situasional yang kita khawatirkan terjadi semalam. Bukti di Jakarta sudah kita temukan sebagai indikasi akan terjadi seperti itu. Kapolda Jatim mengharap warga Jatim agar tidak terlibat. Makanya kita halang-halangi, kita pulangkan,” lanjut Barung.

Baca Juga  Polisi Terus Minimalisir Potensi Kecelakaan Di Tol Sumo

Sementara itu, Barung menambahkan pihaknya di Jatim juga tak akan tinggal diam. Pasalnya, para personel masih tetap melakukan pengamanan dan antisipasi di beberapa titik.

“Kita memantau situasi yang ada di Jatim melalui koordinasi di beberapa titik, di polres-polres terdekat. Sampai hari ini dukungan ulama, kiai, tokoh masyarakat tetap mendukung tegaknya persatuan RI, untuk kita menegakkan aturan,” pungkasnya.wah/detik/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here