Awas! VPN Rentan Untuk Transaksi Perbankan

Surabaya (infosurabaya.id) –¬†Sejumlah aplikasi jejaring hingga media sosial kemarin mengalami masalah akibat pembatasan layanan internet oleh pemerintah terkait aksi massa 22 Mei. Kebijakan ini membuat masyarakat menggunakan virtual private network (VPN) agar tetap lancar berkomunikasi.

Saat VPN mulai digunakan, mulai banyak pesan beredar yang isinya penggunaan VPN harus diwaspadai dan masyarakat dilarang menggunakan internet banking atau mobile banking ketika VPN dalam keadaan ON.

Berikut pesannya :

“Dear Bapak dan Ibu Yth…

Bagi bapak ibu yang sdh mengaktifkan aplikasi Virtual Private (VPN) Free yg ada di Android atau Iphone agar bisa connect ke aplikasi sosmed (WA, FB, Instagram dll)

Mohon untuk tidak melakukan transaksi perbankan saat mengakses VPN, jadi pastikan aplikasi VPN nya dalam kondisi disconnect apabila akan melakukan transaksi perbankan di Smartphone..

Hal ini dikarenakana paila VPN masih aktif ada kemungkinan data transaksi bisa disadap oleh pihak penyedia VPVN.

Preventive sebelum kejadian. Hatur Nuhun

*IT Security Awareness Program* “

Lantas, bagaimana penjelasan seputar penggunaan VPN tersebut? Analis Digital Forensic, Ruby Alamsyah menjelaskan pengguna VPN gratisan alias free memang harus waspada akan risiko-risiko yang ada.

Baca Juga  Main HP Saat Dibonceng Motor Sangat Beresiko Tinggi

“Jadi pengguna harus memutuskan apakah sesuai, menggunakan VPN gratis tapi dibarengi dengan risiko bocornya data pribadi?,” ujar Ruby, Kamis (23/5/2019).

Dia menjelaskan sangat berbahaya bila menggunakan VPN versi apapun untuk kegiatan sensitif seperti transaksi perbankan maupun transaksi e-commerce.

Hal ini karena, data bisa terbaca di server VPN secara langsung. Selain risiko transaksi perbankan, penggunaan VPN software gratisan ini juga berisiko terinfeksi spyware atau malware.

Baca Juga  Tips Stabilkan Berat Badan Saat Liburan

“Kita mendownload VPN software tanpa memastikan kualitas dan keamanan data dari penyedia software tersebut, HP atau komputer kita yang terinstall juga berisiko disusupi spyware atau malware. Nah bila hal ini terjadi, maka device kita akan rawan terbaca dan terakses secara penuh oleh pelaku kejahatan,” imbuh dia.

Executive Vice President Center of Digital BCA Wani Sabu menjelaskan untuk bertransaksi perbankan atau e-channel sebaiknya tidak menggunakan VPN free.

“Sebenarnya VPN bukan tidak aman, tetapi kalau free kita tidak paham sistemnya,” ujar dia.dya/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here