PDAM Jamin Distribusi Air Bersih Selama Ramadan Hingga Lebaran

PADANG, 10/5 - KEBUTUHAN AIR PDAM. Petugas memeriksa delapan buah filter air di lokasi pengolahan air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Padang, di Lubuk Minturun, Padang, Sumbar, Selasa (10/5). PDAM baru dapat memenuhi 65 persen atau 79.000 pelanggan dari total warga Padang, namun pada 2015 akan ditingkatkan hingga 80 persen sesuai MDGs. FOTO ANTARA/Iggoy el Fitra

Surabaya (infosurabaya.id) – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya, Mujiaman Sukirno memastikan bahwa pasokan air untuk wilayah Surabaya akan tercukupi.

Mujiaman mengatakan bahwa terjadi peningkatan jumlah kebutuhan air bersih sebanyak 5 – 10 persen selama bulan Ramadan. Tetapi Mujiaman pun menjanjikan masyarakat Surabaya tidak akan kekurangan air selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Hal tersebut dikarenakan PDAM Surya Sembada telah berhasil meningkatkan kapasitas produksi sebesar 20 persen. Kapasitas awal (akhir tahun 2017) 9.900 liter/detik dan saat ini kapasitas mencapai kurang lebih 12.000 liter/detik.

Baca Juga  Siang Ini, Aliran PDAM Di Area Kupang Terganggu

“Insyaallah nanti lebaran untuk aliran air pasti akan tercukupi semua selama tidak ada gangguan. Karena kita telah berhasil pada 2018, kita tumbuh dengan baik, 3 kali pertumbuhan nasional,” ujar Direktur Utama PDAM Surya Sembada.

Mujiaman mengatakan bahwa sebelum puasa hingga saat ini dan sebelum Lebaran, pihak PDAM terus melakukan inspeksi yang akan ditutup pada 30 Mei ke seluruh instalasi, termasuk rumah pompa akan kunjungi untuk memastikan kesiapannya.

“Semua dipastikan terkendali, asal tidak ada gangguan. Karena gangguan biasanya pasti ada, pasalnya saaat ini sedang banyak pembangunan box culvert disana sini, jadi semua gangguan ini minimal sekali,” tambahnya.

Baca Juga  Peremajaan Pipa, PDAM Surya Sembada Surabaya Butuh Rp 200 M Per Tahun

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Surabaya agar tetap menghemat air dengan memastikan menutup air kran sebelum mudik.

“Meskipun pasokan air banyak, tapi tetap harus hemat, karena 14 tetes air saja itu sudah sama dengan 1 milimeter air yang bisa memberatkan pelanggan. Selain itu kami juga menyediakan layanan pengaduan kalau ada gangguan. 24 layanan dan ada 17 kendaraan yang siap berangkat memperbaiki kebocoran,” pungkasnya.dya/wbw

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here