Demi Zakat 50 Ribu, Warga Surabaya Berdesakan

Surabaya (infosurabaya.id) – Ribuan warga yang sebagian besar perempuan dan anak-anak mengantre untuk mendapatkan zakat berupa uang Rp 50 ribu. Mereka mengantre di Jalan Kalimas Udik Gang I, Kelurahan Nyamplungan, Pabean Cantian.

Mereka mengantre dibawah terik matahari sejak pukul 10.00 WIB di dekat Masjid Serang di Jalan Kalimas Udik Gang 1. Bahkan anak-anak yang diajak mengantre terlihat kepanasan oleh terik matahari.

Polisi yang berjaga sedikit kerepotan saat menghalau warga yang tak sabar untuk mengantre. Mereka saling berdesakan untuk segera mendapatkan zakat mal sebesar Rp 50 ribu rupiah.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, polisi melakukan penyekatan dengan membagi antrean menjadi tiga saf. Kapolsek Pabean Cantian AKP Mellysa mengatakan pihaknya menyiagakan 20 personel gabungan dari Polsek Pabean Cantian dan Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

Baca Juga  Dollar AS Tumbang

“Untuk pengamanan zakat mal di Kalimas ini, yang diikuti kurang lebih 2 ribu orang. Kami melakukan penyekatan dengan mengerahkan personel gabungan dari Polsek dan Polres,” kata Mellysa kepada detikcom, Jumat (31/5/2019).

Mellysa mengatakan tradisi pembagian zakat mal ini rutin digelar pihak dari Masjid Serang yang berada di Jalan Kalimas Udik.

“Ini kegiatan rutin yang digelar oleh pihak Masjid Serang. Dalam mengamankan para penerima zakat ini, kendalanya ketidak sabaran masyarakat saja. Kita utamakan yang tua terlebih dahulu, baru ibu-ibu yang membawa anak-anak, baru kemudian yang laki-laki,” jelas Mellysa.

Baca Juga  Sebagian Warga Jatim Rayakan Lebaran Hari Ini

Sari, warga Kalimas mengaku sejak pukul 10.00 WIB ia sudah rela mengantre. Ia antre di antara ratusan hingga ribuan warga yang lain.

“Tadi saya antre sejak pukul 10 pagi. Terus dibagikan sekitar pukul 13.30 WIB. Alhamdulillah dapat Rp 50 ribu buat kebutuhan lebaran,” ujar Sari sambil menunjukkan uangnya.

Hal yang sama dilakukan oleh Nasura, ia harus rela mengantre sejak pukul 11.00 WIB untuk mendapatkan zakat mal.

“Saya tadi sejak pukul 11.00 WIB, dapat Rp 50 ribu untuk buka puasa. Ini zakat dari masjid Serang,” ujar Nasura.rwt/detik/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here