Liga 1 Bakal Pakai VAR, PSSI Minta Bantuan FIFA

Surabaya (infosurabaya.id) – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) meminta bantuan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) soal video bantuan wasit (VAR) yang akan diterapkan pada Liga 1 Indonesia dan akan memberitahukan rencana ini kepada FIFA dalam Kongres ke-69 FIFA pada 5 Juni 2019 di Paris, Prancis.

“Saya akan memberitahukan secara resmi ke FIFA di Kongres FIFA bahwa Indonesia tertarik untuk menerapkan VAR, sekaligus memohon asistensi FIFA sampai tahun 2020,” kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria di Jakarta, Jumat.

Baca Juga  Musim Depan, Premier League Akan Gunakan VAR

PSSI sendiri terus mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk mewujudkan VAR dan telah menugaskan operator liga PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk membuat kajian resmi tentang infrastruktur dan anggaran untuk VAR, sedangkan sekretariat jenderal PSSI akan menganalisis sisi aturan atau regulasinya.
“Ada dasar-dasar regulasi FIFA yang harus dipatuhi sebelum menerapkan VAR seperti jumlah minimal lisensi wasit yang mengoperasikan VAR dan lain-lain,” kata Ratu Tisha.

Baca Juga  Joko Driyono Diduga Aktor Utama Skandal Pengaturan Skor

Untuk tugas-tugas LIB dan PSSI tersebut, PSSI menargetkan ada perkembangan dalam tiga bulan ke depan.

PSSI mengumumkan kepastian penggunaan VAR pada di kompetisi sepak bola Indonesia pada Senin (27/5). Keputusan itu merupakan hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

Beberapa insan sepak bola Indonesia seperti pelatih klub Bhayangkara FC Angel Alfredo Vera dan pelatih Barito Putera Jacksen Tiago mendukung rencana ini.dya/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here