Kerusuhan 22 Mei, Beberapa Tersangka Makar Buka Keterlibatan Kivlan Zen

Jakarta (infosurabaya.id) – Polisi membuka kesaksian beberapa tersangka untuk mengungkap peran Kivlan Zen dalam dugaan kasus makar di kerusuhan 22 Mei lalu.

Polisi bersama TNI menggelar jumpa pers di Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (11/6/2019). Dalam jumpa pers itu, polisi memutar sejumlah video yang berisi kesaksian tersangka makar.

Tersangka makar bernama H Kurniawan alias Iwan mengungkapkan jika dirinya diperintahkan Kivlan Zen untuk membeli beberapa pucuk senjata.

“Saya H Kurniawan, biasa dipanggil Iwan, domisili Cibinong, Bogor. Saya diamankan polisi tangagl 21 Mei pukul tiga belas nol nol terkait ujaran kebencian, kepemilikan senjata api, dan ada kaitannya dengan senior saya, jenderal saya yang saya hormati dan saya banggakan, yaitu bapak mayor jenderal Kivlan Zen,” kata Iwan dalam video itu.

Baca Juga  Provokator Kerusuhan Diamankan, Ditemukan Amplop Berisi Uang

“Di mana pada bulan Maret, sekitar Maret, saya dan saudara Udin dipanggil Bapak Kivlan untuk ketemuan ke Kelapa Gading. Di mana dalam pertemuan tersebut saya diberi uang seratus lima puluh juta untuk pembelian alat, senjata, yaitu senjata laras pendek dua pucuk, dan laras panjang 2 pucuk,” lanjutnya.

Tersangka makar lain yang video testimoninya diputar oleh polisi adalah Tajudin alias Udin. Tajudin mengaku mendapat perintah untuk membunuh 4 pejabat negara.

Baca Juga  Polri Tegaskan Tak Halau Perusuh Jakarta Dengan Peluru Tajam

“Nama Tajudin, tempat tanggal lahir Bogor 11 Januari 1979. Saya mendapatkan perintah dari Bapak Mayjen Purnawirawan Kivlan Zen melalui Bapak Haji Kurniawan alias Iwan untuk menjadi eksekutor penembakan target atas nama: satu, Wiranto; dua, Luhut Pandjaitan; tiga, Budi Gunawan; empat, Gories Mere. Saya diberikan uang tunai total 25 juta dari Bapak Mayjen Purnawirawan Kivlan Zen melalui Haji Kurniawan alias Iwan. Kemudian rencana penembakan dengan senjata laras panjang kaliber 22 dan senjata laras pendek. Senjata tersebut saya peroleh dari Haji Kurniawan alias Iwan,” papar Udin.rwt/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here