SBMPTN 2019, Ini Prodi Favorit Di UNAIR

Surabaya (infosurabaya.id) – Universitas Airlangga membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru melalui jalur SBMPTNdan jalur Mandiri. Beberapa jurusan biasanya menjadi favorit calon mahasiswa.

Jalur SBMPTN telah dibuka sejak tanggal 10 Juni hingga 24 Juni 2019. Sementara jalur Mandiri dibuka tanggal 13 hingga 24 Juni.

Persaingan untuk menjadi mahasiswa  Unair pun diprediksi akan berlangsung cukup ketat. Bahkan, ada beberapa jurusan yang tingkat persaingannya cukup tinggi lantaran ramai peminat.

Berdasarkan data tahun lalu, pendaftar di Prodi Sosial dan Humaniora paling banyak memilih jurusan Manajemen. Selanjutnya, disusul dengan Ilmu Administrasi Negara, Psikologi, Hubungan Internasional hingga Ilmu Komunikasi.

Baca Juga  Bersama Unisza Malaysia, UNAIR Gelar Seminar Internasional

Untuk jurusan yang sepi peminat di Prodi Soshum yakni Ilmu Sejarah, Antropologi hingga Ilmu Informasi dan Perpustakaan.

Sementara untuk pendaftar di Prodi Bidang Sains dan Teknologi, pendaftar paling banyak mengambil jurusan Teknik Lingkungan, disusul dengan Kedokteran, Sistem Informasi, Tekno Biomedis hingga Gizi. Sedangkan untuk jurusan yang sepi peminat di Prodi Saintek yakni Matematika, Kimia, hingga Fisika.

Rektor Unair Prof M Nasih menyarankan para calon mahasiswa agar lebih bijak dalam menentukan jurusan yang dipilihnya. Selain mempertimbangkan nilai, calon mahasiswa juga perlu melihat persaingan di jurusan tersebut.

“Tentu kami berharap karena nilai UTBK nya sudah keluar, pilihan-pilihannya mesti disesuaikan dengan nilai yang ada. Jangan memaksakan kehendak, kalau memang nilainya nggak nutut karena percuma saja,” kata Prof Nasih saat ditemui di Unair Kampus C Surabaya, Selasa (11/6/2019).

Baca Juga  UNAIR Kembali Raih Prestasi Di Kancah Global

Prof Nasih mencontohkan pada jurusan kedokteran misalnya, persaingan memang cukup ketat. Terlebih dalam kedokteran, mahasiswa yang nilainya benar-benar tinggi yang bisa lolos.

“Sebagaimana diketahui untuk yang di Unair kita punya beberapa beberapa kluster prodi, yang kalau kita bilang peringkatnya itu yang tingkat nilainya berbeda-beda, mulai dari yang sekadar cukup sampai dengan yang sangat tinggi. Misalnya FK, FKG itu adalah mereka-mereka yang nilainya lebih besar,” pungkasnya.rwt/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here