Suhu Surabaya Bisa Capai 20 Derajat, Lebih Sejuk Ketimbang Malang

Surabaya (infosurabaya.id) – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memastikan bahwa pembangunan taman yang tersebar di seluruh sudut Kota Pahlawan bertujuan untuk menurunkan suhu rata-rata.

Wali Kota perempuan pertama di Kota Surabaya itu pun bahkan mengaku optimis jika suhu rata-rata di Kota Surabaya bisa mencapai 20 derajat celcius. Lebih rendah dibandingkan Kota Malang.

Sekitar 30 persen Kota Surabaya dipenuhi oleh taman yang bermanfaat untuk menurunkan suhu udara. Hasilnya, saat ini suhu udara di Kota Surabaya telah turun sekitar dua derajat celcius.

Baca Juga  BMKG Diminta Lebih Terbuka Ke Masyarakat

“Nanti sampai suhu udara di Kota Surabaya mencapai 20-22 derajat celcius. Dulu Surabaya rata-rata 34 sampai 36 derajat celcius. Sekarang sudah 34 derajat ke bawah dan itu ada datanya, bahkan kalau pagi Kota Surabaya berkabut,” tegas Risma.

Salah satu taman yang saat ini tengah dibangun adalah Taman Eks Incinerator. Wali Kota Risma menyebut hal ini sebagai salah satu usaha Pemkot Surabaya dalam pemerataan pembangunan.

“Taman ini akan lebih bagus dari taman-taman yang ada di luar negeri sekali pun. Karena taman ini penuh bunga. Kalau di sana (negara lain) cuma ada pohon sama rumput, kalau di sini penuh bunga,” jelasnya.

Baca Juga  Libur Hampir Usai, Sudah Pernah Ke Taman Harmoni?

Ia menjelaskan, pembangunan Taman Eks Incinerator menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Surabaya, Corporate Social Responsibility (CSR), serta bantuan dari United Cities Local Government (UCLG).

Wali kota yang juga menjabat sebagai Presiden UCLG Aspac ini mengungkapkan, sebanyak 400 lebih taman yang tersebar di Kota Surabaya bertujuan untuk penghijaun kota.wah/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here