Rambut Beruban Sebelum Waktunya? Ini Penjelasannya

Surabaya (infosurabaya.id) – Biasanya  rambut berubah menjadi putih atau uban dikaitkan dengan usia yang menua. Namun tidak jarang ada beberapa orang, baik pria maupun wanita yang sudah mulai beruban padahal usianya masih terbilang muda.

Usia bukan satu-satunya faktor yang menyebabkan rambut beruban. Berikut faktor lain yang menjadi alasan rambut mulai beruban sebelum waktunya dikutip dari Times of India.

1. Polusi

Polusi udara yang tidak sehat bisa membuat rambut memutih lebih cepat. Hal ini dikarenakan polutan yang mengandung radikal bebas dapat mengancam melanin, atau zat warna pada rambut. Serta meningkatkan risiko penuaan dini pada rambut.

Baca Juga  Pola Asuh Tidak Tepat Bisa Sebabkan Obesitas

2. Stres

Percayalah, stres juga berpengaruh pada rambut. Terlalu stres bisa memicu rambut berubah memutih lebih cepat. Stres mempercepat kepadatan genetik yang hasilnya mempercepat rambut berubah warna. Maka dari itu sangat penting untuk mengelola stres.

3. Merokok

Merokok bukan hanya berbahaya bagi kesehatan jantung dan paru-paru. Merokok juga dapat mengubah rambut menjadi beruban. Hal ini ditunjukkan pada sebuah penelitian tahun 2013, orang yang merokok memiliki risiko 2,5 kali lebih besar untuk beruban sebelum tua.

Baca Juga  High Heels Pernah Jadi Fashion Untuk Pria

4. Perubahan hormon

Perubahan hormon juga bisa jadi salah satu alasan rambutmu beruban sebelum masanya karena tekstur, kepadatan, dan warna rambut dapat rusak karenanya. Proses ini biasanya mulai terjadi saat kamu berusia 30an.

5. Kekurangan nutrisi

Jika kamu tidak rutin mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi dan lengkap, bersiaplah kamu bisa mengalami ubanan sebelum kamu tua. Apalagi jika kamu kekurangan vitamin B12, itu akan mempercepat rambutmu berubah menjadi putih.dya/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here