Lulusan SMK Harus Siap Hadapi Era Konstruksi 4.0

Surabaya (infosurabaya.id) – Universitas Widya Kartika bekerjasama dengan PT. Waskita Karya, Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan BIM (Building Information Modeling) Software Agent mengadakan kegiatan workshop dan forum group discussion (FGD) dalam mempersiapkan kompetensi BIM mulai dari penerapan kurikulum di SMK, Kamis (18/7/2019).

Dengan adanya pelatihan ini, maka SMK telah merespon tantangan dan potensi yang besar akan kemajuan teknologi di dunia kontruksi dan untuk meningkatkan ketrampilan tenaga pengajar dan siswa-siswi SMK binaan Universitas Widya Kartika dalam perancangan dan menggambar menggunakan software yang terafiliasi dengan BIM.

Rektor Universitas Widya Kartika Surabaya, F. Priyo Suprobo dalam sambutannya menyampaikan agar forum ini dapat dimaksimalkan oleh SMK

Baca Juga  Kompetisi Robot Internasional Digelar Di Surabaya

“Baiknya forum group discussion ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para peserta yang berasal dari kalangan Kepala SMK, Wakasek Kurikulum SMK, Kepala Jurusan di SMK dan guru untuk dapat lebih terbuka akan potensi dan tantangan yang besar terkait kebutuhan BIM di dunia industry saat ini agar dapat meningkatkan kompetensi siswa,” jelasnya.

Sehingga SMK dapat mengadopsi hal-hal baik yang diperoleh hari ini untuk menyusun rangkaian kurikulum dalam peningkatan kompetensi siswa-siswi di SMK masing-masing. “Sesungguhnya BIM ini sudah muncul lama sekali, namun di Indonesia baru benar-benar diterapkan dan diwajibkan sejak 2017,” tuturnya.

Baca Juga  Pelajar Asal Surabaya Raih Prestasi Sains Level Internasional

Samsul Arifin selaku BIM Koordinator Waskita Karya Surabaya menjelaskan dalam bidang konstruksi di Indonesia, BIM sudah menjadi kebutuhan yang wajib diterapkan.

“Karena imbasnya tidak hanya bagi pelaksana kerja, namun juga ke bidang-bidang lainnya. Sehingga kompetensi ini sudah harus dimiliki jika ingin terjun di industry konstruksi,” jelasnya.

Kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian perguruan tinggi khususnya Universitas Widya Kartika bekerja sama dengan kalangan industri kontruksi kepada generasi penerus bangsa khususnya siswa-siswi SMK di wilayah GERBANGKERTOSUSILA degan melakukan kegiatan kolaborasi dalam mempersiapkan tenaga kerja terampil dalam menghadapi Era Kontruksi 4.0.dya/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here