Bakal Ada Sanksi Untuk Pengguna Kantong Plastik Di Surabaya

Surabaya (infosurabaya.id) – Pemkot  Surabaya melarang plastik sekali pakai. Hal ini resmi disampaikan melalui surat edaran. Surat edaran berisi imbauan bernomor 660.1/7953/436.7. 12/2019, dikeluarkan langsung dan ditandatangani Wali Kota Surabaya,  Tri Rismaharini.

Surat edaran ini ditujukan pada perangkat daerah, pengusaha kuliner seperti ritel, restoran, coffee shop, toko kue; pengusaha jasa seperti mall, hotel, bank, dan tempat hiburan, hingga pengelola pasar se Surabaya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Eko Supiandi mengatakan, surat imbauan yang dikeluarkan Pemkot Surabaya itu sudah berlaku saat ini.

Baca Juga  Pakar Hukum Anggap Aksi Hibah Pemkot Surabaya Berpotensi Jadi Gratifikasi

“berlakunya sih mulai surat itu diterima ya, ya itu kan masih edukasi ya jadi imbauan supaya tidak menggunakan plastik,” katanya, Rabu (14/8/2019).

untuk sementara, Pemkot Surabaya masih menggunakan acuan Perda Kota Surabaya Nomor 01 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Sampah dan kebersihan di Kota Surabaya.

Namun ke depan, sembari melakukan sosialisasi, Pemkot Surabaya akan membuat Perwali yang mengatur tentang itu. Setelah ada Perwali nanti, pihak Pemkot Surabaya bakal memberi sanksi apabila masih terdapat pihak yang tetap menggunakan plastik.

Baca Juga  Masalah Surat Ijo Jadi Perhatian Nasional

“karena ada perdanya itu, setelah itu baru terbit Perwali, lama-lama ada sanksinya. kan mestinya klo ada aturan pasti ada sanksinya,” terangnya.wah/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here