Pepohonan Di Surabaya Dipastikan Terus Bertambah

Surabaya (infosurabaya.id) – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terus berupaya menekan tingkat polusi udara di Kota Pahlawan. Selain terus membangun Ruang Terbuka Hujau (RTH), Surabaya juga terus menanam pohon mangrove.

“Fungsinya mangrove kan dia sebagai penyerap karbon, pemberi oksigen. Tapi mangrove ini fungsinya banyak sekali,” kata Risma usai penanaman 50 ribu mangrove bersama Forkopimda Surabaya di Gununganyar, Jumat (16/8/2019).

Menurut Risma, upaya penanaman pohon terus-menerus juga sebagai penyeimbang dengan banyaknya kendaraan. Sebab saat ini, Surabaya merupakan kota terbesar dan dengan kepemilikan kendaraan terbanyak kedua juga setelah Jakarta.

Baca Juga  Dinkes Surabaya Persulit Pengurusan Ijin Praktek Dokter?

“Jadi pohonnya kurang terus, mobilnya yang punya tambah terus. Kita nanam pohon terus berlomba-lomba sama yang punya mobil,” ujar wali kota perempuan pertama Surabaya itu.

“Nah, kita kan nggak bisa nyegah. Orang makin kaya masak nggak boleh beli mobil. Ya sudah nggak apa-apa saya nanam pohon,” tandasnya.

Risma menambahkan, selain sebagai kota metropolitan, secara geografis Surabaya merupakan kawasan pesisir yang rawan dengan ancaman gelombang dari laut. Namun letak Surabaya di pesisir masih terlindungi oleh Pulau Madura.

Baca Juga  #2019SurabayaSejahtera

Meski begitu, ancaman lingkungan berupa global warming tengah mengancam di mana dan siapa saja. Untuk itu, ia terus menggalakkan penanaman pohon untuk mereduksi ancaman itu.

“Surabaya ini bempernya (pelindungnya) Pulau Madura kalau lautan bebas. Cuma kan ndak bisa begitu dengan kondisi global warming ini bisa relay on dengan alam saja,” tandasnya.dya/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here