Pernyataan Ibu Kota RI Pindah Ke Kaltim Direvisi

Surabaya (infosurabaya.id) –┬áMenteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil mengatakan rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur masih menjadi alternatif. Pasalnya, Bappenas masih melakukan kajian terhadap lokasi calon ibu kota.

“(Kaltim) itu alternatifnya, antara lain. Itu saya koreksi. Salah satu alternatif. Tunggu saja, ada beberapa studi yang dikerjakan Bappenas nanti presiden akan umumkan,” jelasnya di kantor pusat BPK, Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Bappenas, lanjutnya, sedang melakukan kajian terhadap lokasi calon ibu kota baru. Namun Sofyan tidak mengetahui pasti apa saja kajian yang dilakukan.

Baca Juga  Pemindahan Ibu Kota Harusnya Bukan Prioritas Utama

“Itu kajian yang sedang dikerjakan Bappenas, saya nggak tahu, itu masalah teknis,” katanya.

Sofyan mengungkapkan, setelah kajian tersebut selesai dikerjakan, maka Jokowi akan langsung memberi pengumuman lebih lanjut terkait pindah ibu kota.

“Masih ada dua studi lagi yang dikerjakan Bappenas. Saya nggak tahu studi apa. Tapi setelah studi itu lengkap baru presiden umumkan,” katanya.

“Tapi sampai sekarang belum diputuskan alternatifnya. Masih Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan. Tapi yang sudah dilihat secara serius adalah Kalteng dan Kaltim,” tutup Sofyan.

Baca Juga  Mamuju Bakal Gantikan Jakarta?

Pernyataan ini sendiri berbeda dengan yang disampaikan Sofyan pada Kamis (22/8) kemarin. Sofyan yang saat itu ditemui usai rapat di kantor Menko Perekonomian membenarkan bahwa lokasi ibu kota baru berada di Kalimantan Timur.

“Iya, Kaltim benar, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana yang belum,” kata Sofyan.wah/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here