Mahasiswa ITS Rancang Sistem Smart Parking

Surabaya (infosurabaya.id) –  Lahan parkir yang terbatas dan sulit dijangkau terkadang menjadi permasalahan di masyarakat kota besar seperti Surabaya.

Hal tersebut yang menginspirasi alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Labib Izzatur Rahman untuk membuat inovasi Smart Parking.

Smart parking karya Labib ini ditujukan untuk menginformasikan ketersediaan lahan parkir tanpa perlu berkeliling mencari slot kosong.

“Pengunjung parkir mudah dapet area parkir karena di setiap lot dipasangi sensor,” kata Labib Izzatur Rahman.

Labib Izzatur Rahman mengatakan, cara kerja alat tersebut terintegrasi arduino untuk mengolah inputasi data.

Baca Juga  ITS Siap Kembali Harumkan Nama Indonesia Di Kancah Global

Sistem tersebut terdiri dari dua perangkat yang masing-masing terletak di gerbang masuk dan atap tiap-tiap lahan parkir.

“Perangkat di gerbang itu mendeteksi kendaraan yang masuk, sedangkan yang terletak di atas lahan parkir. Fungsinya input data lahan parkir yang masih kosong,” kata alumni angkatan 2015.

Pihaknya mengklaim sistem tersebut dapat diterapkan di berbagai tempat terutama pusat-pusat perbelanjaan yang menggunakan lahan parkir bertingkat.

Baca Juga  ITS Minta Tak Dilibatkan Di Aksi Demo Mahasiswa

Menurutnya, dari segi biaya sistem Smart Parking jauh lebih murah dibanding Secure Park yang digunakan di berbagai pusat perbelanjaan saat ini.

“Secara efektivitas juga lebih tinggi daripada mempekerjakan juru parkir manual, sehingga dapat saya katakana peluang untuk pengimplementasiannya cukup besar, hanya tinggal mencari pasarnya saja,” tutupnya.wah/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here