Belanda Siap Jalin Kerja Sama Dengan Surabaya

Surabaya (infosurabaya.id) – Kerajaan Belanda melalui Netherlands Business Support Office (NBSO) mulai menjajaki kerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya. Hal itu ditandai pertemuan yang digelar antara pihak NBSO dengan Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana, Rabu (9/10/2019).

Kepala Perwakilan NBSO Mario Lauw mengungkapkan jika momen ini dirinya memaparkan beberapa sektor yang bisa dikerjakan bersama dengan pihak Pemkot Surabaya. “Ada beberapa sektor yang dari pihak Belanda sudah sangat terkenal kemampuannya. Untuk itu dalam kesempatan ini kami berharap adanya kerjasama yang bisa dibangun,” ujarnya.

Baca Juga  Krematorium Milik Pemkot Surabaya Segera Berfungsi

“Belanda sendiri sudah sangat terkenal untuk sektor maritimnya. Sebagai negara yang lahannya berada di bawah permukaan air laut, kami tentu yakin jika kami sangat mampu di sektor itu (maritim),” tambah Mario.

Dari sisi hasil pertanian, menurut Mario, Belanda juga punya prestasi mentereng. “Kami negara pengekspor hasil pertanian terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Tapi kan Amerika sebesar itu negaranya,” jelas Mario lebih lanjut.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana menyambut optimis gagasan tersebut. Baginya ada banyak sektor di Kota Pahlawan yang bisa dikerjakan secara sinergi dengan pihak lain agar tidak terlalu membebani APBD.

Baca Juga  Surabaya Jadi Kota Percontohan Anti Korupsi

“Selain itu, dari pemaparan tadi, banyak juga leading sector dari Belanda yang sejalan dengan program kami, baik program Wali Kota Risma maupun Presiden Jokowi,” ujar pria yang akrab disapa WS ini.

“Ke depannya semoga ada pembicaraan lanjutan dengan tim teknis masing-masing agar bisa langsung tancap gas untuk kerjasama yang akan dijalin,” pungkas Whisnu.dya/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here