Olahraga Lebih Bikin Bahagia Ketimbang Uang

Surabaya (infosurabaya.id) – Banyak orang berpendapat kalau uang bisa menjadi sumber kebahagiaan. Bahkan seorang profesor dari Harvard Business School menyatakan uang memang bisa membeli kebahagiaan.

Pendapat sang profesor dan sebagian besar orang rupanya berhasil dipatahkan dengan hasil penelitian terbaru. Ada satu hal yang terbukti bisa membuat seseorang lebih bahagia, yakni olahraga.

Peneliti dari Universitas Yale dan Oxford melakukan survei terhadap 1,2 juta warga Amerika tentang rutinitas fisik harian mereka. Latar belakang responden juga di analisa, baik itu gender, penghasilan, status pernikahan sampai riwayat kesehatan.

Berdasarkan data yang peneliti analisa, orang yang rutin olahraga tingkat kesehatan mentalnya lebih tingi 43 persen ketimbang responden yang jarang atau tidak pernah fitnes ataupun latihan fisik. Para peneliti juga menemukan fakta bahwa aktivitas fisik mendorong mereka untuk lebih memerhatikan kebahagiaan dan kesehatan jiwanya.

Baca Juga  5 Manfaat Minum Teh Di Pagi Hari

Bahkan dikatakan bahwa olahraga yang cukup bisa membawa kebahagiaan seperti ketika karyawan mendapatkan kenaikan penghasilan hingga ratusan juta rupiah. Tapi bukan berarti olahraga adalah kunci semua permasalahan agar setiap orang bisa meraih kebahagiaan.

Kamu tidak harus olahraga seharian tanpa henti agar merasa lebih bahagia. Sebab olahraga berlebihan justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan mental. Mulai dari stres, depresi hingga mood yang tak stabil.

Dari penelitian yang sama, ilmuan menyarankan frekuensi yang paling pas untuk mendapatkan kebahagiaan, adalah olahraga atau beraktivitas fisik antara 30 – 60 menit. Sebaiknya olahraga tidak dilakukan setiap hari tapi cukup 5 kali sehari untuk memberikan waktu pemulihan bagi tubuh.

Baca Juga  Mandi Cukup Tiga Kali Seminggu

Beberapa jenis olahraga juga terbukti memberikan rasa bahagia yang lebih besar ketimbang olahraga lain. Umumnya olahraga yang dimainkan berkelompok misalnya voli, hoki, sepakbola dan basket.

Tapi dalam kasus tertentu olahraga seperti aerobik dan bersepeda juga bisa memberikan efek yang sama. Berdasarkan studi yang dilakukan para ilmuan dari University of Vermont, latihan aerobik 20 menit secara rutin bisa meningkatkan kebahagiaan dan berlangsung hingga 12 jam.dya/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here