Mendikbud Nadiem Dapat Apresiasi

Surabaya (infosurabaya.id) – Pidato peringatan Hari Guru oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem diapresiasi oleh Komisi X DPR RI. Menurut anggota komisi X, Puti Guntur Soekarno upaya menciptakan pendidikan dan guru yang merdeka sebagai tenaga penggerak.

’’Hal itu sangat positif memiliki semangat pendidikan yang membebaskan sebagaimana juga semangat kemerdekaan sebagai bagian manifesto karakter Bangsa Indonesia dalam pembukaan UUD 1945,’’ katanya kepada media, Senin (25/11/2019).

Pendidikan dikatakan putri Guntur Soekarno ini sangat bertumpu pada guru. Khususnya dalam mendidik dan memberi ketauladanan kepribadian sekaligus penggerak kemajuan bangsanya. Istilah Bung Kano untuk penggerak kebangunan bangsa ini adalah “Menjadi Guru di Masa Kebangunan”.

Baca Juga  Pertama di Indonesia, UNESA Buat Kamus Signalog

Menurut Legislator Dapil I Jatim (Surabaya-Sidoarjo) ini, pendidikan juga lekat dengan semangat “among” (membimbing, menjaga, menemani, memelihara) yang harus diperankan guru. Ki Hajar Dewantara juga berpandangan “Tut Wuri Handayani” (mengawal, mensukseskan dan mengontrol).

”Kita di komisi X DPR RI berusaha menjaga agar visi kemajuan itu dibarengi dengan kesadaran memegang teguh praktek kepribadian dan menjaga identitas nasional kita,” kata politisi PDIP yang akrab disapa Mbak Puti ini.

Baca Juga  Pertama di Indonesia, UNESA Buat Kamus Signalog

Hal tersebut sesuai dengan visi Nawacita 2. Hal tersebut bukan hal baru. Sebab ibarat perdebatan kemajuan barat dan nilai-niai timur dalam karya-karya sastra kita sejak Pujangga Angkatan 45. ’’Di hari guru sekarang ini penting kita ambil semangatnya, bagaimana membuat sintesa keduanya, menjadi maju dalam ilmu pengetahuan namun tetap berpijak ada akar kepribadian Bangsa Indonesia, Pancasila,” kata Mbak Puti.dya/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here