Revolusi Industri 4.0, Tenaga Kerja Manusia Masih Signifikan

Surabaya (infosurabaya.id) – Institute of Certified Management Accountant (ICMA) optimis jika keberadaan tenaga kerja manusia masih sangat signifikan di tengah otomatisasi revolusi industri 4.0 yang terjadi. Hanya saja, beberapa persayaratan harus terpenuhi.

“Profesionalisme dan peningkatan kemampuan dari para pekerja perlu menjadi perhatian serius pemerintah. Saya rasa ini pun sudah menjadi perhatian pemerintah,” kata Vice Presiden ICMA Cabang Indonesia, Iman Subekti.

Baca Juga  Sekarang, WhatsApp Bisa Putar Video Sambil Chat

“Perkembangan teknologi ini tidak bisa dihindari. Justru harus dihadapi. Yang paling terdampak adalah pekerja clerical. Itu yang harus upgrade kemampuan,” tambahnya.

Sebagai salah satu langkah mendukung hal itu, Senin (2/12/2019), ICMA menyelenggarakan Internartional Management Accounting Conference (IMAC) 2019 di UK Petra. Acara ini dihadiri ratusan praktisi Management Accountant maupun kalangan mahasiswa.

Baca Juga  UNESA Raih Prestasi Membanggakan Di Kontes Robot Indonesia 2019

“Untuk yang praktisi, di sini kami membahas berbagai isu-isu strategis terkait sektor management accountant. Sementara, mereka yang mahasiswa, kami berikan edukasi bahwa begini dunia kerja mereka nantinya,” jelas Iman.

“Selama ini kan kalau dengar kata accountant, orang berpikirnya adalah finance accounting. Padahal bukan begitu, kami disini lebih bagaimana agar masalah manajemen tidak terjadi,” pungkasnya.wah/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here