Wali Kota Risma: Masa Saya Larang Orang Naik Mobil

Surabaya (infosurabaya.id) – Jalanan Kota Surabaya memang dikenal asri dengan pepohonan rimbun di kanan dan kiri jalan. Saat terik menyengat, pohon ini melindungi masyarakat, sekaligus menyerap karbondioksida penghasil polusi.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengaku memang sengaja menanam banyak pohon. Dia menyebut tak bisa melarang masyarakatnya mengendarai mobil.

Dengan nada bercanda, Risma bercerita jika dirinya merasa tak adil jika melarang Orang Kaya Baru (OKB) yang baru membeli mobil untuk menaiki mobil.

“Masa misal mbaknya baru beli mobil, pengen naik mobil, ndak aku boleh tak suruh naik angkutan umum saja. Ya ndak lah,” kata Risma di Surabaya, Sabtu (18/1/2020).

Baca Juga  NU Adalah Garda Terdepan Keutuhan NKRI

“Masa saya ngelarang Orang Kaya Baru, kan ndak adil. Padahal mimpi punya mobil, kan ndak adil,” imbuhnya sembari tertawa.

Untuk itu, Risma pun kerap melakukan penghijauan di sepanjang Jalan Surabaya. Selain pepohonan, tanaman lidah mertua yang dipercaya ampuh menghisap polusi juga berada di kiri dan kanan jalan.

Risma pun menyebut lama-lama Surabaya bisa seperti hutan saking banyaknya pepohonan yang ditanam.

Baca Juga  Ketika Wali Kota Risma Sidak Bergaya Rock N Roll

“Jadi ya bagus, tapi kotanya jadi kayak hutan, tak tambahi tanaman terus. Karena ya memang begitu cara melawannya (polusi),” lanjut Risma.

Sedangkan terkait kisah OKB yang menaiki mobil, Risma percaya ada masanya masyarakat akan tersadar tentang bahaya polusi dan lebih mencintai lingkungan.

“Nanti suatu saat kan pasti akan sadar sendiri, tapi bahwa kalau itu harus diimbangi. Makanya aku nanam pohon terus,” pungkasnya.wah/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here