Kapal Selam Karya Anak Bangsa Sukses Lakukan Uji Coba

Surabaya (infosurabaya.id) – Kapal Selam Alugoro buatan anak negeri berhasil menjalani tes Nominal Diving Depth (NDD) Banyuwangi. Kapal ini sukses melewati Sea Acceptance Test (SAT) di perairan utara Pulau Bali yang merupakan area latihan TNI AL serta memiliki kedalaman laut yang memadai. Selama pengujian Kapal Selam Alugoro dikawal oleh KRI RE Martadinata-331.

Kapal selam ini memiliki spesifikasi panjang 61,3 meter, kecepatan maksimal saat menyelam 21 knot dan kecepatan maksimal di permukaan 12 knot.

Selama pelaksanaan SAT Kapal Selam Alugoro menggunakan Dermaga APBN, Pelabuhan
Tanjung Wangi, Banyuwangi sebagai sarana dan fasilitas berlabuh.

Baca Juga  Ketika Puluhan Wanita Jerman Belajar Buat Batik

“NDD merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT) Kapal Selam Alugoro. Tahapan NDD dinyatakan berhasil setelah Kapal Selam Alugoro mampu melalui uji menyelam hingga kedalaman 250 meter,” jelas Kepala Divisi Kapal Selam PT PAL Indonesia (Persero) Satriyo Bintoro, Selasa (21/1/2020).

Hal ini membuktikan, Indonesia mampu untuk mewujudkan sendiri menciptakan kapal selam. Sekaligus membuktikan untuk dapat meraih kemandirian industri pertahanan.

“Kami ingin membuktikan tidak hanya bisa membeli tapi juga membangun sendiri. Kami sungguh ingin membuktikan bahwa kapal buatan Indonesia ini tidak kalah dengan buatan negara lain,” terang Director Shipbuilding PT PAL Indonesia Turitan Indaryo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here