Kualitas UMKM Harus Ditingkatkan

Sidoarjo (infosurabaya.id) – Seminar kerjasama dan penandatanganan MoU antara Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) dan Telkom University sukses digelar di Hall 1 Telkom University, Bandung, Jum’at, (7/02/2020).

Seminar yang membahas tentang peningkatan UMKM di lndonesia dengan tema ‘Strategi peningkatan Kinerja UMKM melalui penerapan GCG pada Digital Ecosstem’ ini diikuti oleh Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) Umsida dan mahasiswa Prodi Manajemen Bisnis Teknologi Informatika FEB Telkom University.

Pemateri dalam seminar ini adalah Wisnu P. Setiyono, SE.,M.Si.,Ph.D mengatakan, berdasarkan implementasi good corporate governance pada Sector UKM, penting untuk menghubungkan antara industri besar dan kecil.

“Penting sekali hubungan yang sinkron antara industri besar Jawa Timur dengan industri kecil dan menengah di berbagai kota. Dan perlu sekali sinergi antara industri besar dan industri kecil di provinsi Jawa Timur untuk mengatasi ketergantungan pada impor,” ungkap pria yang merupakan Dekan Fakultas Bisnis, Hukum dan Ilmu Sosial Umsida ini.

Baca Juga  Student Journalism, Cara UNAIR Bangkitkan Semangat Literasi Mahasiswa

Pemateri kedua Dr. Maryanti, SE., MM dosen di Telkom University dan penulis buku Digital Marketing mengatakan, intervensi kampus dalam memperbesar peluang sukses UMKM masih diperlukan.

“UMKM di lndonesia masih mempunyai peluang besar untuk ditingkatkan dengan pemikiran-pemikiran cemerlang dari kampus yaitu dosen dan mahasiswa,” ungkapnya.

Di akhir seminar Dr. Didik Hariyanto, S. Sos., M. Si selaku wakil Dekan FBHIS UMSIDA sebagai pembicara ketiga memaparkan tentang perlunya potensi sumber daya alam yaitu kemampuan sumber daya manusia dan spesifikasi kewilayahan yang mendukung lahirnya produk unggulan di lndonesia untuk mencapai kemajuan UMKM.

“Definisi UMKM naik kelas adalah UMKM yang usahanya semakin berkembang, produktivitas bertambah, dan daya saingnya meningkat. Usaha mikro bisa naik kelas menjadi usaha kecil, usaha kecil bisa menjadi usaha menengah, usaha menengah bisa naik menjadi usaha besar,” katanya.

Baca Juga  Peserta UTBK Di Surabaya Wajib Rapid Test

Ia juga menegaskan bahwa kualitas produk UMKM perlu ditingkatkan agar dapat memiliki daya saing di tingkat global.

“Produk yang dihasilkan harus naik kelas. Bukan lagi hanya fokus pada produk makanan, tetapi harus naik kelas ke produk yang berteknologi ringan, seperti produk-produk yang diproduksi oleh Cina,” imbuhnya.

Selain seminar, Umsida dan Telkom University juga melakukan penandatanganan MoU antara Prodi Manajemen FBHIS Umsida dan Prodi Manajemen Bisnis Teknologi Informatika Fakultas Ekonomi Bisnis Telkom University tentang kontrak kesepahaman kerjasama dibidang pendidikan, seperti penelitian artikel dan pengabdian masyarakat.

Penandatangan MOU dilakukan oleh Eko Hardiansyah, M.Psi. Warek III Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dengan Dr. Ir. Rina Pudji Astuti, M. T. Warek IV Telkom University.rwt/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here