Rute Suroboyo Bus Bertambah

Surabaya (infosurabaya.id) – Rute Suroboyo Bus trayek middle east ring road (MERR) bakal berlanjut hingga Kenjeran Park (Kenpark). Perpanjangan rute dilakukan untuk mengakomodasi keinginan warga. Halte juga bakal ditambah di titik-titik paling ramai.

Layanan Suroboyo Bus di Surabaya Timur sudah dimulai dari MERR Gunung Anyar hingga Jalan Kenjeran. Namun, layanan di Jalan Kenjeran hanya sampai U-turn kedua. Belum sampai di ujung Jalan Kenjeran.

Kini Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya menggodok rencana perpanjangan rute. Layanan diperpanjang hingga salah satu tempat wisata di kawasan itu, Kenpark. ”Sudah kami koordinasikan dengan pihak terkait. Tinggal finalisasi dan uji coba,” kata Kasi Angkutan Jalan Dishub Surabaya Ali Mustafa.

Ali menambahkan, penambahan rute itu mengikuti permintaan penumpang. Berdasar hasil analisis, ternyata banyak penumpang yang hendak menuju ke lokasi itu. Jika tidak ada kendala, lanjut Ali, uji coba perpanjangan rute dimulai awal Maret. Kemudian, akan dilihat bagaimana minat masyarakat.

Baca Juga  Transportasi Air Surabaya Tengah Dimatangkan Bersama ITS

Dia berharap bisa memancing masyarakat untuk menggunakan transportasi umum itu. Namun, penambahan rute menyesuaikan jumlah armada. Di rute MERR ada empat kendaraan yang beroperasi. Jeda waktu tunggunya 20–30 menit.

Rencana penambahan rute itu pun disambut baik oleh para pengguna transportasi Suroboyo Bus. Salah satunya, Novita Rahma, warga Menur Pumpungan. Di akhir pekan dia biasa mengajak anak jalan-jalan dengan kendaraan berkapasitas 70 orang itu. ”Kalau makin jauh jaraknya anak-anak tambah seneng. Ini saja nggak mau turun,” terangnya.

Selain penambahan rute, di sepanjang MERR akan ditambah halte baru. Selama ini baru ada tiga titik pemberhentian. Yakni, halte ITS, LLDIKTI, dan SMP 19. Sementara itu, 35 lainnya hanya berupa markah bus stop.

Baca Juga  Gagasan Subway Surabaya Terus Dapat Respon Positif

Soal titik mana saja yang bakal ditambah, Ali menyatakan belum ditentukan. Penambahan disesuaikan dengan titik yang paling banyak penumpangnya. ”Masih disurvei dulu mana yang pas untuk halte,” jelasnya.

Berdasar laporan penumpang Suroboyo Bus rute MERR, ada titik yang paling banyak penumpangnya. Yakni, kawasan Pandugo dan Gunung Anyar. Selain dekat permukiman warga, di sana juga banyak sekolah. Secara rutin sekolah-sekolah mengajak siswanya untuk tur keliling. Cukup bayar plastik bekas.

Kemudahan naik Suroboyo Bus juga ditambah dengan adanya loket penukaran botol di kantor kecamatan. Saat ini baru ada dua tempat, Kecamatan Gunung Anyar dan Sukolilo.dya/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here