Abduh Lestaluhu Lebih Pilih Persebaya

Surabaya (infosurabaya.id) – Mediasi antara Persebaya dan PS Tira Persikabo yang membahas status Abduh Lestaluhu di kantor PSSI sebenarnya deadlock. Kedua pihak sama-sama merasa berhak memiliki kedua pemain. Namun, setelah pertemuan, pihak PS Tira Persikabo akhirnya melunak.

Dalam pertemuan tertutup itu, Persebaya hanya diwakili asisten manager Sidik M. Tualeka. Dari PS Tira Persikabo, hadir sekretaris tim Rini Chandra. Sementara itu, PSSI mengirim Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Somantri. Abduh Lestaluhu juga hadir dalam mediasi tersebut.

Sumber menyebutkan, karena deadlock, pihak PSSI memberikan pertanyaan kepada Abduh. Memilih Persebaya atau Tira Persikabo? Berdasar profesionalitas, Abduh lebih memilih Persebaya. ”Meski begitu, tetap tidak ada titik temu sampai mediasi ditutup,” kata sumber tersebut.

Setelah mediasi, pihak manajemen Tira Persikabo dan perwakilan manajemen Persebaya bertemu lagi. Pihak Persebaya mengancam akan melaporkan kasus tersebut ke National Dispute Resolution Chamber (NDRC) dan FIFA.

Baca Juga  Alfred Riedl Resmi Jadi Pelatih Baru Persebaya

Persebaya sangat yakin mereka tidak menyalahi aturan soal kontrak dengan Abduh. Hal itu membuat pihak Tira Persikabo melunak. Presiden PS Tira Persikabo Bimo Wirjasoekarta kemudian berjanji segera menerbitkan surat keluar bagi Abduh dan Angga Saputro secepatnya.

Abduh diharapkan sudah bergabung sebelum laga perdana Liga 1 2020 kontra Persik Kediri (29/2). Masalahnya, menurut sumber tersebut, meski berjanji melepas Abduh dan Angga, Bimo mengingatkan agar Persebaya jangan menyesal apabila Abduh atau Angga di kemudian hari ditarik kesatuannya. Namun, informasi itu dibantah manajemen PS Tira Persikabo.

”Waduh, saya malah baru dengar (soal statemen) itu,” terang Direktur Pengembangan Bisnis Tira Persikabo Rhendie Arindra kepada Jawa Pos.

Keputusan PS Tira Persikabo untuk segera menerbitkan surat keluar bagi Abduh dan Angga membuat PSSI lega. Sebab, pihak federasi memang ingin masalah tersebut cepat tuntas. Ketua Umum PSSI Moch. Iriawan ingin status Abduh jelas sebelum kickoff Liga 1 bergulir. ”Harus sama-sama berpikir terbuka dan positif,” katanya.

Baca Juga  Pemain Persebaya Puncaki Top Skor Piala Presiden

Polemik soal Abduh dan Angga berawal dari Persebaya yang mengontrak dua pemain itu setelah mereka berstatus bebas transfer. Namun, ternyata PS Tira Persikabo, klub lama mereka, tidak mau melepas. Bahkan, Abduh diminta melakukan teken kontrak juga ke PS Tira Persikabo. Sementara itu, Angga langsung bergabung ke Persebaya meski juga tidak disetujui klub lamanya. Abduh kemudian sama-sama dikenalkan oleh Persebaya dan PS Tira Persikabo saat launching tim.

Bila Abduh benar-benar bergabung, Persebaya memiliki 29 pemain. Selain itu, posisi bek kiri tak lagi menjadi masalah. Sebelumnya, hanya ada Nasir yang merupakan bek kiri murni. Kini, Abduh bisa bergantian dengan Nasir untuk mengisi posisi bek kiri. Kans Abduh untuk turun di laga pembuka kontra Persik Kediri (29/2) juga cukup besar. Sebab, saat ini kondisi Nasir tengah cedera hamstring.rwt/jawapos/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here