Arab Saudi Hentikan Kunjungan Umrah Untuk Sementara

Surabaya (infosurabaya.id) – Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengumumkan untuk menghentikan sementara visa umrah di tengah merebaknya wabah corona.

Aturan penangguhan ini membuat peziarah tidak bisa mengunjungi Masjid Nabawi, Madinah dan Masjid al Haram, Mekkah untuk sementara waktu.

Mengutip AFP, penangguhan visa umrah ini juga berlaku bagi pengunjung yang berasal dari negara-negara yang termasuk dalam daftar ‘berbahaya’ penyebar virus corona.

Staf Khusus Menteri Agama RI, Ubaidillah Amin Moch (Gus Ubaid), Kamis (27/2/2020) mengatakan, pihak Kemenag mewakili Pemerintah RI sudah berkomunikasi dengan otoritas Arab Saudi.

Baca Juga  Perempuan Saudi Kini Boleh Bepergian Tanpa Mahram

“Dirjen PHU telah meminta jajarannya sidak ke bandara sebagai antisipasi banyak jamaah dihold di bandara. Kami menghormati keputusan Arab Saudi sebagai bentuk antisipasi menyebarnya virus corona dan meminta semua jemaah umrah Indonesia untuk bersabar sambil menunggu pemerintah Arab Saudi membuka kembali,” kata Gus Ubaid.

Dia menambahkan, pengajuan visa umrah dan visa lainnya ke Saudi mulai hari ini diberhentikan. Dan, meminta para pengelola biro perjalanan umrah untuk pro aktif mengelola informasi kepada para jemaahnya.

Baca Juga  Nenek 93 Tahun Ini Harus Antri 6 Tahun Untuk Pergi Haji

“Berdasarkan laporan dari pengawasan di bandara, Garuda, Saudia, Citylink, Lion hari ini masih sesuai jadwal mereka terbang. Selanjutnya, Kementerian Agama menunggu info lanjutan di atas dari pemerintah Arab Saudi,” pungkasnya.wah/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here