Jahe Hingga Temulawak Ampuh Untuk Cegah Corona

Surabaya (infosurabaya.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Kesehatan Letjen TNI (Purn) Dr dr Terawan Agus Putranto telah resmi menginformasikan terkait adanya 2 pasien WNI positif terjangkit virus corona yang saat ini secara resmi disebut Covid 19, Senin (2/3/2020).

Kedua pasien tersebut merupakan warga Depok yang diketahui telah melakukan kontak langsung dengan WNA asal Jepang. Saat ini 2 pasien tersebut yang merupakan seorang ibu (64th) dan anaknya (31th) di rawat secara intensif di RS Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Terkait hal itu, Prof Dr drh Chairul Anwar Nidom, Guru Besar Unair dan Ketua Tim Riset Corona & Formulasi Vaksin Professor Nidom Foundation mengatakan bahwa virus yang berasal dari Wuhan Hubei China ini dapat ditanggulangi dengan obat herbal yang biasa ditemui sehari-hari.

Makanan minuman herbal yang dimaksud merupakan tumbuhan Curcumin atau yang biasa disebut empon-empon atau bumbu jangkep. Tumbuhan curcumin yakni jahe, temulawak, sereh, kunyit dan sejenisnya.

“Pada dasarnya virus corona ini merupakan satu kingdom dengan influenza yang bisa ditangkal atau dicegah dengan Curcumin,” ungkap Prof Nidom, kepada beritajatim.com.

Sebelumnya Prof Nidom juga menjadi salah satu peneliti virus flu burung yang juga satu kingdom dengan virus corona Covid 19. Ia mengatakan bahwa dampak klinis yang ditimbulkan oleh virus flu burung lebih berat, yakni virusnya mampu menyebabkan badai sitokin yang menyebabkan kerusakan paru.

Baca Juga  Pemeriksaan Corona Harus Berdasarkan Permintaan Dokter

Prof Nidom mengatakan bahwa ia memiliki formula yang ampuh untuk mencegah terjangkit virus flu burung saat itu. Oleh karenanya dengan formulasi ini dinyatakan juga mampu mencegah atau menangkal virus corona.

“Pada dasarnya formula obat ini bisa digunakan untuk preventif virus corona,” tukasnya.

Ia mengatakan bahwa formulasi yang dibuat tidak jauh berbeda dengan pengunaan curcumin sehari hari. Yakni dengan penggunaan harian di makanan maupun minuman.

Curcumin yang mudah ditemui sehari hari mampu meningkatkan antibodi dan menguatkan sel sel tubuh. Sehingga ia pun menghimbau agar masyarakat Indonesia tidak perlu panik karena obat dan formulasi preventifnya sangat mudah ditemukan.

“Tidak perlu khawatir, dengan lebih banyak mengkonsumsi Curcumin, daya tahan tubuh menjadi meningkat. Jangan disalahkan virusnya, virus apapun jenisnya akan tetap ada di sekitar kita. Tinggal kita yang harus menjaga kekebalan tubuh kita. Dengan memanfaatkan curcumin, kita bisa mengurangi penggunaan masker dan membeli obat kimia. Gunakan Curcumin, itu pencegahan terbaik dan termurah,” tukasnya.

Selain itu Ia pun memberikan tips penggunaan harian tanaman curcumin ini dengan membuat seduhan dari jahe, sereh dan temulawak untuk diminum tiap pagi. Selain itu ia juga menghimbau agar ibu ibu kembali menggunakan bumbu jangkep atau empon empon.

Baca Juga  50 Ribu Lebih Pasien Corona Berhasil Sembuh

“Untuk anak anak saya kira baik dibikinkan es cream atau permen dari Curcumin. Kan kalau anak anak susah minum jamu atau obat, jadi dibuatkan yang enak tapi sehat. Selain itu untuk anak juga sudah ada banyak dijual berupa sirup curcuma, bisa diumumkan tiap pagi,” ungkapnya.

Saat ini, Prof Nidom pun sedang mengembangkan formulasi obat dari Curcumin ini dengan dasar formulasi dari virus flu burung tahun 2015 lalu.

“Kami memang baru bisa membuat formulasi yang tepat kalau sudah ada sample positif corona. Tapi ini kan baru kemarin ketemunya. Jadi kami juga butuh waktu, semuanya dikerjakan dengan teliti bertahap dan butuh proses. Tapi ini sepertinya tidak akan lama karena formulasi dasarnya sama dengan formula obat flu burung yakni Curcumin,” ujarnya Senin (2/3/2020).

Sembari menunggu formulasi yang tepat, Prof Nidom mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu panik dan stress meskipun sudah ada kasus positif corona di Indonesia.

“Jangan stress dan panik, karena itu bisa membuat daya tahan atau imun menurun. Tetap konsumsi Curcumin tiap hari. Karena pada dasarnya meningkatkan kekebalan tubuh adalah cara paling ampuh terhindar virus corona,” pungkas Prof Nidom.dya/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here