KSP Pastikan Darurat Sipil Jadi Opsi Terakhir

Jakarta (infosurabaya.id) – Pihak Kantor Staff Presiden menegaskan jika opsi darurat sipil merupakan opsi terakhir untuk menekan laju penyebaran Virus Corona.

“Darurat sipil itu pilihan paling terakhir jika dalam pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar ini menimbulkan pembangkangan atau terjadi kekacauan sosial, maka pilihan dari darurat sipil menjadi jalan,” kata Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Juri Ardiantoro.

Baca Juga  Belum Ada Kasus Corona Di Jawa Timur

Juri mengatakan darurat sipil ini bisa saja tidak diterapkan. Semua itu, kata Juri, tergantung dari pelaksanaan kebijakan pembatasan sosial skala besar.

“Soal darurat sipil ini adalah situasi yang mungkin diambil mungkin juga tidak. Karena jika dengan pendekatan yang persuasif dan kerja sama semua pihak. Kementerian, lembaga, kepolisian, dan pemerintah daerah, kebijakan ini berjalan efektif ya tidak perlu ada darurat sipil,” ujar Juri.

Baca Juga  Usulan Pemberlakuan Jam Malam Mulai Muncul

Juri menuturkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin kebijakan pembatasan sosial skala besar ini berjalan efektif. Kebijakan itu diharapkan dapat menekan angka kasus positif Corona di Indonesia.

“Prinsipnya soal Presiden ingin ada upaya pembatasan sosial berskala besar untuk mencegah penularan wabah ini secara efektif. Upaya-upaya ini harus dilakukan secara konsisten dan ada ketegasan dalam pemberlakuan kebijakan ini,” ujar dia.dya/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here