Staff Disbudpar Surabaya Ciptakan Lagu Soal Corona

Surabaya (infosurabaya.id) – Hampir semua lapisan masyarakat di Kota Surabaya bahu membahu dan bergandeng tangan melawan pandemi Covid-19. Mereka mengirimkan banyak bantuan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk menangani dan mencegah penyebaran wabah ini.

Beda halnya yang dilakukan oleh seorang seniman yang sekaligus salah satu staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, M.T. Agus. Demi memberikan support kepada bangsa ini, ia pun menciptakan sebuah lagu berjudul: “Bersatu Melawan Virus Corona”. Karyanya itu pun diupload di kanal Youtubenya, mt agus.

Ia pun menuliskan caption: “Lagu yang dibuat dengan tujuan untuk menghibur masyarakat Indonesia di tengah pandemi Corona yang sedang melanda. Memberikan suport agar apa pun yang sedang menimpa bangsa ini, kita bersatu hadapi bersama,” tulisnya.

Sang Pencipta Lagu Bersatu Melawan Virus Corona M.T. Agus menceritakan awal mula terciptanya lagu ini. Ia mengaku hanya ingin menghibur masyarakat melalui sebuah lagu yang edukatif di tengah  pandemi Covid-19. “Terciptanya lagu ini berawal dari keinginan saya untuk menghibur masyarakat melalui sebuah lagu yang edukatif di tengah  pandemi yang sedang melanda kota kita, negara kita dan dunia pada umumnya,” kata Agus, Selasa (12/5/2020).

Baca Juga  Pemkot Surabaya Bagikan Ratusan Ribu Masker Gratis

Adapun proses pembuatan lagunya itu diawali dengan menentukan tema lagu, lalu membuat notasinya yang easy listening, hingga membuat syair yang sesuai dengan temanya. Selanjutnya, menyiapkan konsep musik, format singernya, hingga pembuatan video klipnya. “Nah, kebetulan di Disbudpar itu ada teman-teman yang memang bakatnya bernyanyi, sehingga saya ajak mereka. Jadi, proses secara keseluruhan kira-kira 2 mingguan,” ujarnya.

Sedangkan pesan yang ingin disampaikan dalam lagu ini adalah masyarakat diharapkan selalu patuh terhadap imbauan dan protokol yang telah disampaikan oleh pemerintah dalam rangka menanggulangi Covid-19. Makanya, dalam lagu ini turut mensosialisasikan imbauan pemerintah tersebut.

“Kita berharap agar semua tetap selalu bersatu dan gotong royong melawan pandemi Covid-19 ini, supaya kita semua semakin cepat terbebas dari pandemi ini dan kita semua bisa beraktifitas normal kembali,” katanya.

Baca Juga  Publik Surabaya Puas Dengan Kepemimpinan Wali Kota Risma

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan setelah mendengar syair dan lagunya sangat bagus, sehingga dia sangat senang karena ini bisa sebagai media sosialisasi. Ia mengaku turut bangga ada staf Disbudpar yang bisa menciptakan lagu edukasi semacam ini.

“Makanya ke depan saya akan terus mendorong teman-teman untuk berkarya semacam ini. Sesuai dengan tugas kita untuk membina dan mengembangkan seni budaya, maka akan dilakukan penguatan di internal staf Disbudpar yang memiliki talenta,” kata Antiek.

Ia juga mengaku sebenarnya tidak ada perintah langsung kepada Agus untuk menciptakan lagu ini. Namun, karena dia memang seniman dan ingin memberikan kontribusi terkait penanganan Covid-19, maka dia pasti tergerak hatinya untuk menuangkan dalam sebuah karya seni.

“Seniman itu kira-kira begitu. Dan memang selama ini ciptaan Mas Agus ini sudah banyak, termasuk lagu Museum 10 November dan lagu-lagu tentang Surabaya lainnya. Semoga ke depan terus berkarya,” pungkasnya.rwt/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here