Pakar UNAIR: PSBB Tidak Efektif, Tak Perlu Diperpanjang

Surabaya (infosurabaya.id) – PSBB Surabaya jilid 2 dinilai tidak efektif. Pakar Kesehatan Unair menyebut tidak perlu ada PSBB Surabaya jilid 3. Pasalnya, kerumunan justru semakin banyak. Terlebih di mal dan jalanan karena mendekati Hari Raya Idul Fitri.

Menurut Pakar Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Dr dr Windhu Purnomo MS, PSBB Surabaya tidak perlu diperpanjang. Tujuan dari PSBB kedua untuk memperketat dan menekan kasus Corona baru dinilai tidak efektif. “Kalau melihat seperti ini nggak ada gunanya. PSBB ini aja udah, nggak usah ada PSBB jilid 3,” kata Windhu.

Baca Juga  Rincian Klaster Penyebaran Virus Corona Di Surabaya

Sebab meski PSBB tidak diperpanjang, menurutnya protokol Corona tetap bisa dijalankan dengan taat. “Seperti pakai masker, cuci tangan, pakai hand sanitizer, social distancing,” imbuhnya.

Melihat PSBB Surabaya jilid dua yang tengah diterapkan, ia merasa pesimis akan menurunnya angka kasus Corona di Kota Pahlawan. Terlebih semakin mendekati Lebaran. “Toh ndak ada gunanya. Saya pesimis, apa lagi mau Idul Fitri, saya khawatir malam takbir ramai di jalan, sore nyekar rame-rame, malam takbiran, besoknya salat Id di masjid,” jelasnya.

Baca Juga  UNAIR Manfaatkan Limbah Rumput Laut Jadi Material Tahan Gempa

Terlebih, saat salat Id masyarakat lekat dengan bersalam-salaman. “Saya ndak yakin mereka ndak salam-salaman. Yang saya khawatirkan orang tua kalau tertular,” pungkasnya.rwt/wbw

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here