Update! Pemerintah Batal Buka Pendaftaran Kartu Prakerja Hari Ini

Surabaya (infosurabaya.id) – Pemerintah memutuskan untuk menunda proses pendaftaran kartu prakerja gelombang IV yang sedianya akan dimulai pada Selasa (26/5) ini. Pengumuman penundaan tersebut merupakan yang ke dua kalinya.

Direktur Kemitraan dan Komunikasi Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan penundaan dilakukan karena Komite Cipta Kerja masih mengevaluasi proses pendaftaran.

“Komite Cipta Kerja masih mengevaluasi proses pendaftaran, seleksi dan penetapan peserta dengan mempertimbangkan masukan dari lembaga pengawas pemerintah,” katanya, Selasa (26/5).

Baca Juga  Badai PHK Terjang Indonesia

Ia belum memastikan kapan evaluasi akan selesai dilakukan dan pendaftaran akan dibuka kembali. “Insya Allah kalau sudah ditetapkan, saya akan umumkan,” katanya.

Penundaan pendaftaran peserta Kartu Prakerja bukan kali ini saja dilakukan. Pada awal Mei lalu, pemerintah memutuskan untuk menunda pendaftaran peserta Kartu Prakerja.

Waktu itu, Panji mengatakan penundaan pendaftaran dilakukan karena kuota gelombang ketiga program Kartu Prakerja belum terpenuhi. Ia mengatakan semula Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menargetkan ada 300 ribu peserta gelombang ketiga program Kartu Prakerja.

Baca Juga  Cara Daftar Kartu Prakerja

Baru setelah itu, gelombang keempat dibuka. Namun, data PMO mencatat jumlah pendaftar yang memenuhi kualifikasi menjadi peserta baru mencapai 224 ribu orang sampai dengan hari penutupan pukul 15.00 WIB.

Oleh karena itu, mau tidak mau pendaftaran gelombang keempat harus ditunda sampai kuota gelombang ketiga terpenuhi. Alasan lain, kata Panji, juga karena PMO ingin membenahi administrasi yang belum selesai.wah/cnn/wbw

15 KOMENTAR

  1. Saya tidak bisa mencairkan insentif karna nomor yg Saya cantumlan tidak bisa di daftarkan di aplikasi ovo, Dan Saya ingin menggantikan nomor ewalet yg da di dassboard kartu prakerja saya

  2. Rumit banget melalui daftar prakerja…rakyat banyak butuh uang kperluan keluarga…tpi orang2 yg ingin dpat upah..harus mondar mandir benahi kesalahan2 syarat prakerja yg ruwet…bukannya untuk memudahkan dpt kerja tpi memusingkan para pencari kerja

  3. Saya udah dapat sertifikat dari lembaga pelatihan tetapi belum tampil di dashboard prakerja sehingga saya tidak dpt mengikuti pelatihan selanjutnya terima kasih

  4. Saya sudah selesai mengikuti pelatihan dan sudah mendapatkan sertifikat, dan insentif saya tidak bisa cair dikarenakan nik sama bank yg saya daftarkan tidak sama (punya istri) padahal sudah 7×24 jam lebih, mohon solusinya agar kami bisa mendapatkan insentif saya.

  5. Sertifikat saya tidak muncul muncul di dhasboard prakerja pdahal sudah hampir satu bulan suda meyelesaikan semua pelatihan uradan dan renting.

  6. Ko sertifikat saya ga muncul2 didhasboard
    Padahal sudah lama menyelsaikan pelatihan dan memberi ulasan dan renting

  7. Saya ikut gelombang 2, insentif Saya blm cair setelah pelatihan selesai dan dapat sertifikat tgl 29 april 2020.

  8. Saya sudah menggikuti pelatihan,dan sudah mendapatkan sertivikat,tapi kenapa y sertivikat di kartu prakerja sedang evaluasi terus.

  9. Saya sudah menggikuti pelatihan,dan sudah mendapatkan sertivikat,tapi kenapa y sertivikat di kartu prakerja sedang evaluasi terus.

  10. Harusnya memang begitu, urusin dulu gelombang 1-3, saya sdh menyelesaikan pelatihan dan dpt sertifikat dari Geti, tgl 4 Mei 2020, sampai saat ini belum dpt insentif karena sertifikat belum dimasukkan ke dasboard prakerja, infonya masukin pakai manual… Tlg dibuat system’ donk biar cepat.

  11. Becanda mulu dehh,, udah daftar susah udah masuk suruh ikut gelombang mulai gelombang 1 sampai gelombang 4..
    Entar masuk gelombang radio kali..

  12. Saya pernah daftar prakerja gelombang pertama dan akhirnya tidak lolos saya dengar bisa melanjutkan ke gelombang selanjutnya sampai sekarang saya tidak pernah ada SMS untuk melanjutkan ke gelombang selanjutnya…
    Mohon pencerahannya …

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here