Olahraga Tradisional Ternyata Punya Banyak Manfaat

Surabaya – Banyak anak di era saat ini yang tak mengenal olahraga tradisional. Mereka lebih mengenal permainan di gawai atau handphone mereka. Padahal, banyak manfaat yang bisa didapat dari melakukan olahraga yang lahir dari nenek moyang.

Ketua Bidang Usaha dan Promosi di Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) Jawa Timur, Siswandi menilai, olahraga tradisional di Jawa Timur, khususnya Surabaya sudah mulai ditinggalkan. Karena banyak anak yang kini lebih menyukai game online yang sifatnya individual.

Padahal, Siswandi menyebut banyak manfaat pada anak, jika mau melakukan olahraga tradisional. Selain itu, olahraga atau permainan tradisional juga tak kalah seru saat dimainkan. Misalnya saja permainan hadang, egrang, terompah, dakon, hingga tarik tambang. Olahraga ini dapat melatih kebersaman dan sosialisasi pada anak.

Baca Juga  Bayar 3.2 M, Dilepas Dari Rutan

“Mengangkat olahraga tradisional atau dolanan lawas itu tujuannya adalah di situ ada kebersamaan tidak egois atau kebersamaan tadi ada kekompakan dan ada strategi tanpa ada strategi kita tidak tidak bisa mencapai suatu kemenangan,” kata Siswandi.

Pria yang akrab disapa Cak Sis ini mencontohkan, ketika bermain tarik tambang, tentu ada satu regu yang terdiri dari lima orang. Dari sana, Cak Sis menyebut tanpa ada kebersamaan atau kekompakan, serta tak memiliki strategi pasti tidak akan bisa menang.

“Nah di sini para anak akan diajak untuk mikir bagaimana kita mempertahankan tarikan lawan atau tarkian musuh. Kita akan pertahankan tarikan lawan, jadi di situ ada unsur kebersamaan ada unsur strategi dan ada unsur gembiranya, karena ada support dari penonton,” ujar dia.

Baca Juga  Ada Tahu Tek Gratis Di Surabaya

Melihat kondisi ini, Cak Sis memiliki keinginan dapat kembali menggelorakan olahraga tradisional yang kini tengah lesu. Menurutnya, dengan kembalinya minat masyarakat dan anak untuk mengembalikan permainan tradisional ini dapat menarik wisatawan internasional.

“Saya mempunyai keinginan dapat mengembangkan olahraga tradisional atau permainan tradisional atau permainan tempo dulu. Nanti akan kita godok dengan lembaga terkait, supaya dapat menyatu dengan destinasi wisata Kota Tua Surabaya. Jadi hal ini menurut saya sangat-sangat menarik sekali, nanti di jalan destinasi wisata kota tua itu kita tampilkan permainan permainan atau olahraga tradisional, sehingga akan menjadi suatu daya tarik wisata,” harap Cak Sis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here