Kolam Renang Hotel Mewah Jadi Tempat Budidaya Ikan

India – Ada yang berbeda dengan kolam renang yang satu ini. Kolam berukuran 150 x 50 meter itu tampak megah. Di sekitarnya dikelilingi rimbunan tanaman hijau yang meneduhkan. Terdapat pula sejumlah kamar untuk pengunjung yang hendak bermalam.

Berlokasi di Kumarakom, Kerala India, dulunya kolam renang milik Aveda Resort dan SPA ini digunakan untuk pengunjung berenang. Namun, semenjak pagebluk menyerang, pihak manajemen resor diharuskan memutar otak.

Lantaran memiliki tanggungan tagihan yang harus dibayar, kolam beralih fungsi jadi tempat budidaya ikan. “Untuk mendapat pemasukan dan agar bisa membayar gaji karyawan kami harus mencari cara. Akhirnya setelah lockdown pada Maret 2020 kami putuskan mengubah fungsi kolam pada Juni 2020,” kata Jyotish Surendra, pihak manajemen pada laman Odditycentral.

Prosesnya, Surendra menguras habis air kolam dan mengisinya dengan air tawar dari Danau Vembanad. Kolam dengan volume 7.5 juta liter itu kemudian diisi 16 ribu bibit ikan Mutiara berusia 2 bulan.

Ikan Mutiara dipilih berdasarkan saran ahli lantaran endemik di kawasan Kerala. Bibit ini diperoleh dari empat mata air berbeda. Menurut perhitungan Surendra, ikan Mutiara ini rencananya di panen satu bulan menjelang natal.

Baca Juga  Warga Luar Surabaya Wajib Tunjukkan Hasil Swab

Sekitar 4 juta ton ikan Mutiara ini akan di ekspor ke Timur Tengah. Perkiraan Surendra akan mengantongi keuntungan sejumlah 40 ribu dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 582 juta. “Kami mengisi kolam dengan 16 ribu ikan Mutiara pada 1 Juni 2020. Rencananya pada November 2020 ikan ini akan kami panen dan jual di Timur Tengah. Sayangnya, jumlah penjualannya belum mampu menutup kerugian yang kami alami,” ujarnya.

Kendati demikian, ke depannya Surendra tetap mempertahankan budidaya ikan di kolam renang ini. Baginya para tamu akan dengan mudah menikmati hidangan ikan Mutiara secara langsung dengan daging ikan segar.

Di India peraturan lockdown sudah tidak diterapkan sejak Juni 2020. Hingga saat ini, tercatat ada 66 ribu kasus kematian dengan 2.9 juta penduduk yang sembuh.

Baca Juga  Ratusan Pengunjung-Karyawan Bar Di Surabaya Diamankan Polisi

Di sisi lain Aveda Resort termasuk dalam hotel berbintang 4. Hotel yang menyediakan fasilitas SPA dekat dengan beberapa tempat wisata ikonik Kerala. Di antara nya Suaka Burung Kumarakom, Air Terjun Aruvikkuzhi, Museum Bay Island Driftwood dan pasir malam Pathiramanal.

Selain itu, terdapat banyak respon positif dari pengunjung yang telah menginap di sana. Salah satunya pelanggan bernama Kushal Kotari. Dalam review Google, Kotari menulis, “Di tempat ini ada satu kolam yang kemungkinan kolam terpanjang yang pernah kulihat. Kamarnya luas, suasana dekat laut dan semilir angin dari alam juga menarik”. Kotari pun memberi rating 4 dari skala 5.

Senada dengan Kotari, Sonya Tickle membagikan pengalaman yang sama. Sonya memberi poin 5 dari skala 5 di kolom review Google. Sonia berkomentar “Aku tinggal di sana selama dua malam. Kolamnya begitu indah dan sangat bersih. Villanya didekorasi dengan baik, aku merasa nyaman berjalan-jalan di sekitar kolam renang. Makanannya juga enak dan harganya terjangkau”.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here