Waspadai Hujan Disertai Angin Kencang Hingga 30 Km/Jam

Surabaya – Sejumlah wilayah di Jawa Timur hari ini akan diguyur hujan intensitas sedang hingga lebat. Tak hanya itu, diprakirakan hujan juga disertai petir dan angin kencang sesaat.

Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya Teguh Tri Susanto mengatakan pada pagi hari, hujan diprakirakan akan melanda wilayah Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso dan Situbondo.

“Sedangkan mulai siang hingga sore hari, diprakirakan terjadi di wilayah Kabupaten Mojokerto, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan dan Sampang,” papar Teguh di Surabaya, Jumat (23/10/2020).

Sementara untuk malam hari, hujan diprakirakan berlangsung di wilayah Bojonegoro dan Kabupaten Pasuruan. Tak hanya itu, suhu udara di Jatim berkisar antara 14 sampai 33°C. Sedangkan untuk kelembapan udaranya di angka 55 sampai 100%. Untuk angin dominan dari Timur hingga Tenggara dengan kecepatan 05 sampai 30 km per jam.

Teguh mengimbau masyarakat senantiasa meningkatkan kewaspadaan menghadapi pancaroba. Dia berpesan masyarakat untuk menyiapkan diri memasuki musim hujan. Misalnya dengan mulai perbaiki atap rumah, saluran air hingga memeriksa pohon sekitar lingkungan tinggal.

Teguh menambahkan persiapan ini penting untuk menghadapi potensi cuaca ekstrem yang akan melanda, seperti angin kencang, puting beliung, hujan lebat disertai petir hingga hujan es.

“Jangan lupa membersihkan sampah yang menghambat laju air,” imbuhnya.

Selain itu, Teguh menyarankan masyarakat untuk waspada dengan gangguan kesehatan dengan menjaga ketahanan tubuh. Yang tak kalah pentingnya yakni menjaga kebersihan lingkungan untuk menghindari demam berdarah.

“Waspada juga pada dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” tambahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here