BMKG Sebut Suhu Di Surabaya Masih Terhitung Normal

Surabaya – Cuaca di Surabaya beberapa hari ini terasa panas di siang hari. Saat malam, cuaca cenderung gerah atau sumuk. Meski cukup tinggi, BMKG Klas I Juanda Surabaya menyebut temperatur di Surabaya masih terhitung normal.

Kasi data dan informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya Teguh Tri Susanto mengatakan temperatur maksimal di Surabaya pada Minggu (8/11) 36°C. Sedangkan pada Senin (9/11) jadi 35°C. Menurut Teguh, hal ini masih tergolong normal.

“Temperatur maksimal Surabaya tanggal 9 November 2020 sebesar 35 derajat celsius, tanggal 8 November 2020 di angka 36 derajat celsius, kategori masih normal,” kata Teguh di Surabaya, Selasa (10/11/2020).

Sementara data hari ini, temperatur maksimal di Surabaya yakni 35°C. Teguh menambahkan hal ini masih normal, karena Surabaya pernah berada di 37,2°C.

“Data normal 30 tahunan bahwa temperatur maksimal Surabaya bisa mencapai 37,2 derajat celsius,” imbuhnya.

Sementara saat ditanya mulai kapan Surabaya memasuki musim hujan, Teguh menyebut awal musim hujan baru terjadi di dasarian (dasawarsa harian, hitungan per sepuluh hari) II dan III bulan November.

Karena baru memasuki musim hujan, Teguh menambahkan angin yang berhembus belum konsisten sehingga belum menyebabkan udara menjadi sejuk.

“Untuk perkembangan cuaca umumnya Surabaya dan Sidoarjo awal musim hujan pada periode dasarian November II hingga November III, jadi baru masuk musim hujan sehingga angin masuknya belum konsisten dari arah Barat Laut yang umumnya meningkatkan tumbuhnya awan penghujan sehingga terasa lebih sejuk, saat ini memang angin Gradien atau angin pada ketinggian 1000 meter, bertiup dari arah Tenggara karena ada pengaruh dari Tropical Storm ETAU yang berada di sebelah Barat Philipina,” pungkas Teguh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here