Cara Mudah Hitung Kalori Untuk Diet

Surabaya – Cara menghitung kalori tidaklah sulit. Anda dapat menghitungnya dengan cara ini untuk mengestimasi berapa banyak makanan yang harus dikonsumsi.

Menurunkan berat badan memang perlu konsistensi. Menghitung kebutuhan kalori dalam sehari sangat diperlukan untuk mencegah konsumsi makanan secara berlebihan, terutama makanan manis dan makanan yang tinggi kalori, gula dan lemak.

Penurunan berat badan sangat berpengaruh oleh metabolisme tubuh. Karena metabolisme tubuh kitalah yang mengatur pembakaran kalori.

Ada dua cara meningkatkan metabolisme tubuh yaitu mengatur pola makan dengan 5-6 kali proses cerna agar metabolisme tubuh kembali ke titik normal. Usahakan untuk mengurangi makan dengan pengurangan jumlah kalori bukan frekuensi makanan dan bergerak serta olahraga ringan.

Cara menghitung kalori bisa dengan BMR atau basal metabolic rate. Dikutip dalam buku “Rahasia Diet” oleh Denny Santoso, S.Kom., SAC. DIP., CSN. Indonesian Sport Nutritionist mengatakan BMR adalah jumlah energi yang dibutuhkan tubuh hanya untuk hidup, tanpa melakukan kegiatan apa-apa yaitu saat kita berada dalam posisi berbaring dan saat perut kita tidak mencerna makanan. BMR akan semakin berkurang seiring dengan pertambahan usia.

Baca Juga  Mengenal Brand Masker Lokal Berstandard Internasional

Berikut rumus BMR untuk menghitung kebutuhan kalori berdasarkan usia:

BMR Pria = 66 + (13,7 x berat kg) + (5 x tinggi cm) – (6,8 x umur th)

BMR Wanita = 665 + (9,6 x berat kg) + (1,8 x tinggi cm) – (4,7 x umur th)

Pola aktivitas

Tidak aktif, sedikit atau tidak berlatih : pria (1,4) wanita (1,4)

Ringan, berlatih ringan dalam sehari : pria (1,5) wanita (1,5)

Moderat, berlatih secara teratur setiap hari : pria (1,78) wanita (1,64)

Berat, intensitas tinggi, atlet : pria (2,1) wanita (1,82)

Sebagai contoh, seorang wanita dengan berat 70 kg, tinggi 167, usia 28 tahun dan aktivitas moderate maka BMR nya adalah:

Baca Juga  Surabaya Kebagian Pertalite Seharga Premium

= 665 + (9,6 x 70) + (1,8 x 167) – (4,7 x 28)
= 665 + 672 + 300 – 131
1.496

Sehingga kebutuhan kalorinya adalah BMR x 1,64 = 1.496 x 1,64 = 2.453

Setelah mengetahui cara menghitung kalori, untuk membantu turunkan berat badan Anda dapat mengurangi kalori sebesar 500 kalori per hari. Bisa dengan cara mengurangi makan sebesar 500 kalori atau makan tetap dengan jumlah yang sama tetapi menambah olahraga untuk membakar 500 kalori.

Perlu menjadi catatan bahwa jangan memotong terlalu banyak kalori saat berdiet. Karena ini hanya akan membuat efek diet yoyo setelah berat badan turun drastis, tidak lama kemudian berat badan kembali naik.

Cara menghitung kalori ini juga bisa menjadi pengingat untuk selalu membatasi makanan tinggi kalori. Hindari mengonsumsi gorengan dan makanan manis, karena keduanya dapat dengan mudah menambah bobot berat badan secara cepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here