Surabaya – Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di RS Darurat COVID-19 Jatim atau RS Lapangan di Jalan Indrapura mengalami kenaikan. Kenaikan ini diakibatkan klaster keluar dampak long weekend.

Penanggungjawab RS Darurat COVID-19, Laksamana Pertama dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara menyatakan naiknya jumlah pasien yang dirawat karena meningkatnya klaster keluarga serta dampak long weekend.

“Ada kenaikan yang signifikan Pasien di RS Darurat. Jumlah yang dirawat sempat melonjak sampai 205 pasien pada Sabtu (21/11) lalu. Kini 198 pasien yang dirawat,” terangnya, Selasa (24/11/2020).

Nalendra menjelaskan klaster keluarga serta liburan panjang menjadi penyebab naiknya jumlah pasien yang dirawat di RS Darurat Jatim.

Baca Juga  RS Terapung UNAIR Berangkat Ke Sulawesi Barat

“Ditambah dengan abainya dalam menjalankan protokol kesehatan. Jadi sinyalemen akan fenomena tersebut terbukti benar adanya bahwa klaster keluarga dan libur panjang menjadi penyebab naiknya kasus,” ujarnya.

Nalendra juga mengimbau perlunya kewaspadaan menjelang bulan Desember. Mengingat akan digelar Pilkada Serentak 2020.

“Perlu kewaspadaan tinggi di semua lini masyarakat dan stakeholder kesehatan serta pemerintahan. Jangan pernah mengabaikan protokol kesehatan selama COVID-19 belum dinyatakan berakhir. Selama masa Pilkada Serentak 2020 dan liburan akhir tahun nanti, semua harus tetap mawas diri dan ekstra hati-hati menjaga diri dan keluarga masing-masing. RS Darurat sendiri tetap menyiapkan diri untuk tanggap, sigap dan mampu melayani pasien yang masuk sesuai kapasiitas rumah sakit, yakni maksimal 357 bed/pasien,” bebernya.

Baca Juga  RS Terapung UNAIR Berangkat Ke Sulawesi Barat

Sementara Jubir Satgas COVID-19 Jatim, dr Makhyan Jibril membenarkan jumlah pasien meningkat di RS Darurat.

“Memang angkanya naik cukup signifikan. Tetapi untuk kapasitas RS Darurat saat ini tidak penuh. Masih ada bed yang kosong,” ujar Jibril kepada detikcom saat dikonfirmasi.

Jibril menjelaskan, saat ini pasien positif COVID-19 yang dirawat di RS Darurat COVID-19 Jatim berjumlah 198 pasien. Sedangkan kapasitas RS Darurat COVID-19 Jatim berjumlah 357 bed/pasien.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here