Surabaya – Ada yang baru dari SMA Trimurti Surabaya, Kini SMA Trimurti telah mengubah namanya menjadi Trimurti High School. Trimurti juga telah merubah logo dan warnanya. Hal tersebut merupakan proses rebranding setelah bekerjasama dengan Arizona State University.

Rebranding SMA Trimurti tersebut diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kamis (26/11/2020).

Khofifah mengatakan bahwa berangkat dari RPJMN (Rencana Program Jangka Menengah Nasional) yang fokus pada peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yakni melalui peningkatan pendidikan, yang berkaitan pula dengan merdeka belajar.

“Nah, Kami bersyukur di Jawa Timur ini SMA Trimurti ini melalui keputusan dari yayasan dan lembaga pendidikan ini kemudian mengambil posisi antara lain mengambil partnership dengan Arizona State University,”  ujarnya.

“Kemudian rebranding dilakukan hari ini, Trimurti menjadi Senior Highschool Trimurti. Tentu ada kurikulum yang mendapatkan penguatan sesuai partnership  dengan Arizona State University yang  akan fokus dalam bidang Science,” tambah Khofifah

Hal tersebut, kata Khofifah adalah bagian dari percepatan pembangunan kemajuan Jawa Timur.  Adanya kerja sama dengan Arizona State University perlu juga untuk penguatan SDM internal Trimurti.

“Pemprov akan memberikan support sekolah yang bisa kita maksimalkan didalam mewujudkan Senior Highschool of Trimurti ini melalui peningkatan kualitas dan kuantitas guru dibidang Science,” jelas Khofifah.

Sementara itu, Ketua Yayasan Trimurti Mohamad Fajar Satria mengatakan bahwa rebranding tersebut adalah memberikan keunggulan yakni menjadikan Trimurti sebagai digitalisasi sekolah. Kerjasama dengan Arizona State University dilakukan dengansl sistem pembelajaran jarak jauh.

“Jadi, sistem pembelajarannya yaitu siswa melalui fasilitator guru menerima pembelajaran dari sana kemudian baru disampaikan ke siswa melalui digital. Siswa juga bisa ikut  sekolahnya malam karena kalau di sana (Amerika) itu pagi dan siswa mengikuti pembelajaranya melalui guru,” ujar Fajar.

Tak ada persyaratan khusus bagi sekolah jarak jauh dengan Arizona State University ini, tentu yang bisa berbasa inggris dimulai dari kelas 10 sampai kelas 12. Namun, ada penambahan biaya bagi siswa.

“Jadi sudah berlangsung sejak tahun ajaran 2021 yaitu 26 Juli kemarin sudah berlaku. Kemarin sejak berlaku, ada sekitar 13 siswa yang ikut. Ini nanti berlanjut. Nanti saat ajaran baru kita juga akan lebih banyak dan kita hanya membatasi sampai 30 orang siswa per-angkatan karena memang batasan kuotanya yang telah dibatasi,”  jelas Fajar.

Sementara, dari kerja sama SMA Trimurti Surabaya dengan Arizona State University itu Raport siswa nanti juga akan ada dua yakni rapot dari nasional dsn raport dari Arizona State Univeristy. Serta siswa akan mendapatkan sertifikat yang juga telah diakui dan bisa digunakan untuk melanjutkan pendidika ke Amerika.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here