Jakarta – Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Daniel Johan, mengingatkan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini lebih memprioritaskan tugas lebih besar ketimbang melakukan aksi blusukan.

Risma diimbau sebaiknya lebih fokus terhadap penanganan bantuan sosial (bansos) agar tepat sasaran atau membenahi internal Kemensos.

Blusukan ala Risma diakui Daniel sebagai gaya dan karakter Risma. Dengan gayanya tersebut jangan sampai dinilai sedang kampanye bekerja untuk mencari popularitas.

“Sebagai Mensos yang harus diprioritaskan adalah terkait dengan bantuan-bantuan sosial bagi masyarakat, melakukan pembenahan di internal kemensos termasuk melakukan validasi data terkait dengan penerima program bansos sehingga setiap bansos diterima rakyat secara tepat sasaran by name by address, tepat waktu, dan tepat jumlah,” kata Daniel, Kamis (7/1/2021).

Baca Juga  Jadi Mensos Disebut Ujian Pertama Risma, Persiapan Pilgub DKI?

Kritikan itu menyusul aksi blusukan mantan Wali Kota Surabaya tersebut dengan menemui  tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin pada 4 Januari 2021. Dari perbincangan dengan mereka, banyak yang mengaku kepada Risma tidak punya tempat tinggal di Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bahkan sampai heran, Risma bisa menemukan tunawisma di kawasan Jalan Sudirman dan Thamrin, ruas jalan yang kerap disebut sebagai kawasan elite tersebut.

Baca Juga  Mensos Risma Cerita Pernah 4 Kali Mendaki Ke Semeru

“Saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur empat tahun baru dengar ada tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin,” ujar Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Bagi dia Riza Jalan Sudirman-Thamrin merupakan jalan protokol, cukup panjang dan terbuka dan sering dilewati pejabat dan tamu negara. Sehingga kejadian ini akan menjadi perbincangan publik jauh-jauh hari. Walau sebenarnya, dia tidak menampik ada tunawisma di Jakarta, tapi tidak di Jalan Sudirman-Thamrin.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here