Surabaya – Keinginan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru menggulirkan kompetisi sepakbola mulai menemui titik terang. Shopee Liga 1 bisa berjalan, tapi tanpa penonton.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Kerja Sama Baintelkam POLRI, Kombes Pol Budi Sajidin, di sela-sela Webinar Siwo tentang Harapan Olahraga di Tengah Pandemi, Rabu (3/2/2021).

Dalam penuturannya, Budi mengakui jika kebijakan larangan izin keramaian yang diterbitkan November lalu belum dicabut. Namun bukan berarti peluang untuk menggelar kegiatan tertutup.

Sebab, ia sendiri baru mendapat informasi dari Polri bahwa sepakbola, utamanya Shopee Liga 1, sudah mendapat lampu hijau untuk digulirkan.

“Kemungkinan, dari pihak POLRI, saat ini saya dapat informasi untuk olahraga sepakbola tanpa penonton itu bisa dilaksanakan. Nah, untuk olahraga lainnya silakan diajukan suratnya,” kata Budi.

“Artinya larangan itu bukan harga mati. Kemarin memang dilarang, ke depan kemungkinan setelah dikomunikasikan bisa dilaksanakan. Tentu, tentu dengan standar protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

“Jadi standarnya itu sementara untuk Polri itu karena keamanan dan keselamatan itu utama, ya, tidak boleh izin keramaian. Ke depan kemungkinan boleh, kemungkinan, dan sudah ada lampu hijau”.

“Jadi tolong kesapakatan-kesepakatan ini dibangun, sama seperti kegiatan pemilu Pilkada kemarin, akhirnya bisa dilaksanakan. Otomatis KPU dan Bawaslu menggunakan masket, handsanitizer, banyak. Jadi setiap TPS ada 14 persyaratan, seperti jaga jarak, cuci tangan air mengalir, tinta tetes. Nah, nanti setiap persyaratan-persyaratan itu akan bisa meloloskan untuk izin keramaian bisa keluar,” dia menegaskan.

Diberitakan sebelumnya, Menpora Zainudin Amali telah bertemu dengan Kapolri Listyo Sigit Prabowo di Istana, pada Rabu (3/2/2021). Menteri asal Gorontalo itu sempat membuka pembahasan soal nasib kompetis, termasuk Shopee Liga 1, di Indonesia yang kemudian direspons positif oleh Kapolri.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here