Surabaya – Bagi sebagian orang, musik efektif menjadi teman penyemangat saat berolahraga. Misalnya, jogging sembari menggunakan earphone untuk mendengarkan musik. Akan tetapi, hal ini rupanya justru berbahaya bagi kesehatan telinga.

Hal ini dipaparkan oleh dokter spesialis THT dari RSUP Sanglah Denpasar, dr Eka Putra Setiawan, SpTHT-KL(K).

Menurutnya, posisi earphone yang bergeser-geser di telinga saat berolahraga tak baik bagi kesehatan dan kebersihan liang telinga. Apalagi karena tercampur keringat, pH atau kadar keasaman di area telinga bisa terganggu.

“Karena tergeser-geser, ada keringat maka terjadi perubahan lingkungan di liang telinga. Ini akan menyebabkan rasa gatal, perih, bahkan ada rasa sakit. Itu yang sebenarnya kita harus hindari,” terangnya dalam talkshow di Radio Kementerian Kesehatan, Senin (1/3/2021).

Baca Juga  Tips Anti Lapar-Dehidrasi Saat Puasa

Kebersihan earphone harus dijaga agar tidak menjadi medium penyebaran bakteri. Misalnya pada jenis earphone dengan karet silikon, karet perlu dicopot dan dibersihkan secara rutin.

“Bersihkan (earphone) dengan cara melepaskan silikon, gunakan air dicampur sabun dan rendam beberapa menit. Keringkan, kemudian bisa kita pakai lagi.

Mudah-mudahan dengan demikian, liang telinga sehat, tidak terkontaminasi oleh earphone,” imbuhnya.

Selain kebersihan, volume dan durasi penggunaan perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan telinga. Untuk penggunaan 4,6 jam, volume earphone tidak boleh melebihi 60 persen.

Sedangkan pada penggunaan 1,2 jam, tidak boleh melebihi 80 persen.

Baca Juga  Tips Anti Lapar-Dehidrasi Saat Puasa

Jika suasana sedang bising dan volume harus mencapai 90 persen atau lebih, earphone hanya boleh digunakan selama idealnya 18 menit.

Dr Eka menyebut, kendala lain dari menggunakan earphone saat berolahraga adalah suasana bising dari lingkungan sekitar.

Sering kali suasana bising membuat orang ‘refleks’ membesarkan volume earphone. Walhasil, volume melebih batas yang dianjurkan sesuai durasi penggunaan.

Khusus bagi yang berolahraga di tempat umum, pastikan juga earphone tidak menghalangi telinga untuk tetap mendengarkan suara dari lingkungan sekitar. Beberapa kecelakaan saat olahraga terjadi karena suara klakson kendaraan tidak terdengar saat memakai earphone.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here