Surabaya – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani hari ini hadir dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-41. Acara yang digelar virtual ini, juga diikuti oleh seluruh pengurus Dekranas yang dipimpin oleh Ketua Umum, Wury Ma’ruf Amin. Berlokasi di Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sedap Malam Surabaya, istri dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi didampingi istri Wakil Wali Kota Surabaya Armuji bernama Iswahyurini itu, tampak antusias mengikuti pertemuan online tersebut.

Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin berterima kasih kepada seluruh pengurus atas kerja keras dan usaha sehingga dapat mencapai usia ke-41. Selain itu, dalam sambutannya dia menyebut bahwa perayaan Dekranas tahun 2021 ini mengusung tema Perajin Sehat, Perajin Hebat Indonesia Maju. Mengingat kondisi saat ini perajin UMKM tengah berjuang di masa pandemi Covid-19.

“Tema ini diharapkan dapat selalu menjadi wadah dalam melakukan pembinaan dan penerapan protokol kesehatan (prokes) terhadap perlaku usaha. Tujuannya agar sama-sama kita memulihkan ekonomi dan segera bangkit dari pandemi,” ungkap Wury Ma’ruf Amin di lokasi, Rabu (3/3/2021).

Wury mengungkapkan, di usia Dekranas saat ini seluruh pengurus dapat semakin produktif dan besar perannya dalam pengabdian kepada masyarakat, khususnya para perajin di seluruh tanah air. Apalagi, usia 41 tahun merupakan perjalanan panjang yang dilalui Dekranas dalam mengangkat kerajinan nasional.

“Telah banyak upaya dekranas untuk mewujudkan fungsinya sebagai lembaga yang mendukung kemandirian ekonomi sejak berdiri 3 Maret 1980 lalu,” ujarnya.

Senada dengan Wury, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani saat ini yang menjadi fokus PKK saat ini ada dua poin yakni kesehatan dan ekonomi.  Selain itu, dia akan all out membantu para pelaku UMKM dalam membranding hingga memasarkan produknya.

“Kita bantu untuk digital marketing untuk mempromosikan. Artinya kita terus bangkitkan UMKM. Seperti yang menjadi fokus bapak wali kota,” kata Rini.

Ia menegaskan, pada masa pandemi seperti sekarang ini para pelaku UMKM harus lebih gencar dalam melaksanakan promosi digital. Terutama para pelaku UMKM rumahan yang belum mekasimalkan peran media sosial. Oleh sebab itu, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pengurus sebelumnya untuk segera menjalankan program-program yang telah dirancang.

“Misalnya suatu produk kelihatan menarik kalau kita foto dan video dan lainnya. Produknya apapun.  Digital marketing perlu ditekankann,” paparnya.

Saat ini, Rini sedang dalam tahapan menyusun kepengurusan baru yang nantinya akan bekerja bersama membangkitkan ekonomi masyarakat. Bahkan, di momen itu, ia juga memastikan tengah merancang program untuk menyiapkan pelatihan pengembangan produk yang dimiliki tiap-tiap kecamatan.

“Seperti misalnya wilayah Kenjeran, nanti kita kembangkan produknya itu dengan kreasi yang semakin beragam. Lalu mencari potensi apa yang ada,” pungkas Rini.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here