Surabaya – Pada kuartal pertama tahun 2021, kinerja hotel di Surabaya diprediksi jauh lebih baik ketimbang periode yang sama di tahun 2020 seiring kecenderungan meningkatnya okupansi hotel di kota dalam dua bulan terakhir.

Area Manager East Indonesia tiket.com, Rajasa Hadisoemarto, menjelaskan bisnis perhotelan di Surabaya selama dua bulan terakhir di tahun 2021 ini hampir sama dengan kuartal keempat tahun 2020 lalu, yakni kuartal keempat tahun 2020 lebih baik dibandingkan dengan kuartal ketiga tahun 2020.

“Kami mencatat, bahwa angka pemesanan hotel di kota Surabaya naik sebesar 248% dari kuartal ketiga ke kuartal keempat 2020,” ungkap Rajasa lewat keterangan tertulisnya, Jumat (19/3/2021).

Baca Juga  Pemkot Surabaya Persiapkan Sekolah Tatap Muka, Mulai Digelar Bulan Juli

Rajasa mengungkapkan, peningkatan tersebut didorong animo masyarakat yang tinggi untuk kembali liburan atau mengganti suasana dengan melakukan staycation ataupun work from hotel di hotel dekat rumah.

“Meskipun baru berjalan dua bulan, kami optimistis bisnis perhotelan di kota ini pada kuartal pertama tahun ini akan jauh lebih baik dari periode sama tahun lalu,” ujarnya.

Ia meyakini tren kian membaiknya bisnis perhotelan di Surabaya dan kota-kota lain di Jatim akan terus berlanjut di bulan-bulan berikutnya hingga di penghujung tahun ini.

“Ini juga sejalan dengan kelonggaran yang diberikan pemerintah untuk kegiatan di sektor pariwisata serta program vaksinasi yang terus digulirkan dan diyakini akan berdampak positif pada kegiatan perekonomian nasional,” kata Rajasa.

Baca Juga  Hampir 700 Ribu Warga Surabaya Telah Jalani Vaksinasi

Selain itu, membaiknya bisnis perhotelan di Surabaya juga tak lepas dari banyaknya hotel yang telah mendapatkan label tiketClean dari tiket.com untuk mendukung program pemerintah untuk menekan laju angka Covid-19.

“Hingga saat ini di kota Surabaya, sudah ada 70% atau 268 hotel telah berlabel tiketClean. Jumlahnya bertambah rata-rata 35% per kuartal. Sehingga ini akan meningkatkan roomnight dari sebelumnya satu malam menjadi 2-3 atau bahkan seminggu,” pungkas Rajasa.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here