Surabaya – Menjelang bulan suci Ramadhan tahun 2021 ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surabaya lebih meningkatkan intensitas sidak ke sejumlah pasar tradisional untuk memantau harga pangan.

Kadisperindag Kota Surabaya, Wiwiek Widayati menjelaskan, guna mengendalikan harga kebutuhan pokok jelang ramadhan, Disperindag akan melaksanakan sidak bersama Satgas Pangan, dan Polrestabes.

“Dari sini, kami bisa tahu pengendalian harga trend nya seperti apa. Sidak pasar tidak hanya sekedar mengetahui posisi harga kebutuhan pokok saat ini, tapi jika terjadi lonjakan harga kami bisa dengan mudah mengetahui penyebab kenaikannya, dan langsung kita antisipasi.” ungkap Wiwiek saat dikonfirmasi, Rabu (7/4/2021).

Baca Juga  Administrasi Kependudukan di Surabaya Kini Bisa Diurus Kecamatan dan Kelurahan

Wiwiek mengungkapkan, sudah ada sepekan ini Disperindag sidak ke pasar. Hal ini dilakukan selain di pasar-pasar tradisional, namun juga di pasar modern. Menurutnya, untuk trend harga bahan pokok hari ini relatif stabil dan tidak terdeteksi adanya lonjakan yang cukup berarti.

“Kalaupun ada kenaikan harga angkanya tidak terlalu urgent, jadi bisa kita antisipasi,” kata Wiwiek.

Ia mencontohkan, untuk harga telur di pasar per kilonya saat ini Rp 24 ribu, ayam ras Rp 33 ribu, gula pasir Rp 12 ribu. Jadi, apabila harga di pasar sampai diatas itu, bisa minta ke pedagang untuk menurunkan dan mengikuti Harga Patokan Pasar (HPP).

Baca Juga  Pemkot Surabaya Persiapkan Sekolah Tatap Muka, Mulai Digelar Bulan Juli

“Untuk harga kita mengikuti ketentuan dari Kementerian Perdagangan RI,” paparnya.

Kendati demikian, saat disinggung apakah ada penambahan stok pangan jelang ramadhan, Wiwiek mengutarakan bahwasanya pasti akan ada penambahan stok pangan. Nanun kali ini lebih kepada tingginya konsumsi kebutuhan sembilan bahan pokok menjelang ramadhan.

“Yang pasti harga sembilan bahan pokok di Surabaya jelang ramadhan relatif terkendali, kami terus memonitor perkembangan harga bahan pokok.” pungkas Wiwiek.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here