Surabaya – Masa jabatan pasangan Khofifah-Emil Dardak memang masih baru akan berakhir pada 2023 mendatang, meski demikian beberapa nama sudah santer disebut sebagai favorit untuk Calon Wakil Gubernur di Pilgub mendatang. Bahkan, ada pula yang bisa disebut sebagai potensi kejutan. Hal itu terungkap dari hasil riset yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC).

Lebih lanjut, untuk posisi Wagub, peneliti senior SSC Surokim Abdussalam mengungkapkan jika Wakil Gubernur Jatim sekaligus Ketua Demokrat Jatim Emil Dardak sangat dominan. Baik di survey top of mind maupun elektabilitas.

“Mas Emil mendapatkan 12.7 persen survey top of mind Cawagub Jatim versi millennials. Baru kemudian disusul oleh Mbak Puti dan Thoriqul Haq dengan masing-masing 5.9 dan 2 persen. Kalau untuk Mbak Puti ini wajar karena beliau kontestan di Pilgub kemarin. Tapi kemunculan nama Bupati Lumajang Thoriqul Haq di survey top of mind millennials ini sangat mengejutkan dan harus diwaspadai bagi mereka yang mengincar posisi ini. Meski Pilgub masih jauh, tapi kemunculan nama Mas Thoriq ini luar biasa,” kata Rokim.

“Bagaimana dengan nama-nama lain? Memang ada kok seperti Mas Anas, Pak Kusnadi, dan Whisnu Sakti. Tapi perolehannya tidak sampai 2 persen,” tambahnya.

Lebih lanjut, pria yang juga Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura ini memaparkan terkait hasil survey elektabilitas. Hasilnya, Emil Dardak kembali mendominasi. “Mas Emil memimpin dengan 18.4 persen, kemudian Mbak Puti dengan 6.8 persen lalu mantan Wagub dan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dengan 4.2 persen. Sementara, nama-nama lain seperti Azwar Anas, Pak Kusnadi, Thoriqul Haq, dan Whisnu Sakti perolehannya tidak sampai 3 persen,”pungkas Rokim.

Sebagai informasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh SSC ini dilaksanakan dari tanggal 5-25 Maret 2021 di 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur. 1070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan millennials dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here