Surabaya – Universitas Airlangga (UNAIR) hari ini fasilitas berupa mobil Layanan Sosial. Mobil jenis Avanza tipe-G ini diserahkan kepada Rektor UNAIR Prof. Dr. Mohammad Nasih dari Pusat Pengelolaan Dana Sosial (Puspas) UNAIR, yang menandai peluncuran fasilitas layanan tersebut.

Peluncuran ini mewadahi beragam layanan sosial yang insidental dan pokok, serta mampu dimaksimalkan dengan penambahan fasilitas layanan itu. Dalam waktu dekat, prioritas layanan ditujukan untuk memberikan layanan terkait tes Covid-19, mendistribusikan bantuan, serta menjemput donasi.

Ketua Puspas UNAIR Dr. Wisudanto dalam laporannya menyampaikan mobil layanan sosial itu juga dilengkapi alat tes Covid-19 berupa dua unit GeNose. Masyarakat dapat menggunakan layanan tersebut dengan mengirimkan surat ke Puspas, baik civitas akademika UNAIR maupun masyarakat umum.

“Kami berharap layanan kepada masyarakat bisa dilakukan dengan optimal oleh UNAIR. Misal salah satunya mendorong pelaksanaan kegiatan offline dengan penyediaan fasilitas layanan tes Covid-19 dengan dijemput tim Puspas UNAIR,” ungkap Prof Nasih lewat keterangan tertulisnya, Rabu (28/4/2021).

Prof Nasih mengungkapkan, pengabdian kepada masyarakat menjadi nilai yang sangat penting bagi kampus. Mengingat hal itu termaktub dalam tri dharma perguruan tinggi. Sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban atas keilmuan dan peran serta akademisi terhadap problem di masyarakat.

”Fasilitas ini (Puspas UNAIR, Red) menjadi salah satu piranti yang disediakan Universitas Airlangga untuk pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia kembali menegaskan bahwa pihaknya berharap mobil ini bisa mendorong mobilitas para masyarakata atau aktivis puspas ini untuk memberikan pelayanan berupa penjemputan donasi, juga pelayanan-pelayanan kesehatan.

”Sehingga kita lebih bisa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. termasuk untuk para donatur,” kata Prof Nasih.

Kendati demikian, Prof nasih menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang aktif memberikan support serta bantuan. Seluruhnya adalah dari masyarakat dan untuk dimanfaatkan pula untuk masyarakat. Meski, UNAIR berperan sebagai operator dalam layanan tersebut.

”Ini mobil umat. Jadi, dari masyarakat untuk masyarakat. Yang mengoperatori memang kami, namun kami hanya perantara saja menerima amanah untuk bisa membantu muzzaki, termasuk mereka-mereka yang bersedekah hingga sampai untuk mereka yang berhak menerimanya,” pungkas Prof Nasih.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here