Surabaya – Pemprov Jawa Timur tengah merevisi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RJMD) Jatim 2019-2024, lantaran angka Covid-19 yang tak kunjung turun di Jatim. Dalam hal ini, DPRD Jatim mengusulkan untuk fokus Revisi  RPJMD pada sektor UMKM agar ekonomi di Jatim segera pulih dan bangkit.

“Penciptaan lapangan pekerjaan UMKM menjadi faktor utama yang harus diseriusi oleh gubernur,” ungkap Hadinuddin, ketua Fraksi Gerindra Jatim saat dikonfirmasi, Kamis (27/5/2021).

Hadinuddin mengungkapkan, Gubernur harus merevisi target dari RPJMD dan capaian kinerja hingga tahun 2023. Salah satunya adalah fokus pada recovery ekonomi pasca pandemi covid 19 dan penataan rtrw Jatim 2019-2023.

“Soalnya ada beberapa perubahan munculnya perundang-undangan baru. kemudian penataan RT/RW pembangunan Jawa Timur, kemudian orientasi menyiapkan ekonomi dampak covid 19 bahkan ada berapa peluang pergeseran untuk mengacu pada target capaian kinerja Gubernur sampai tahun 2023,” ujarnya.

Menurutnya, memang sudah keharusan yang dilakukan oleh Khofifah untuk targetnya menjelaskan visi misi Gubernur di tengah situasi dampak Covid 19. Ia juga meminta agar Khofifah  memasukkan rumusan intervensi bidang ekonomi di berbagai lini dalam revisi RPJMD mendatang. Diantaranya, yakni intervensi di bidang UMKM ekonomi digital di kalangan pengusaha menengah dan kecil agar penanganan dampak pandemi covid dalam bidang ekonomi bisa dirasakan oleh semua elemen.

“Dampak Covid 19 menyeluruh menjangkau seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Harusnya  ada rumusan intervensi di bidang ekonomi di berbagai Lini mulai social safety net di masyarakat bawah, kemudian intervensi dikalangan kelompok usaha kecil dan  menengah sampai pada tataran pengusaha sebagai barometer utama pertumbuhan ekonomi,” kata Hadinuddin.

Sementara itu, ketua DPRD Jatim Kusnadi mengatakan, hingga hari ini belum ada pembahasan resmi mengenai perubahan RPJMD Jatim. Meski demikian, dia menyarankan agar Pemprov Jatim fokus pada sektor UMKM untuk membangkitkan ekonomi pasca pandemi Covid 19.

“Untuk pembahasannya kami masih belum tahu tanggalnya, tapi memang sebaiknya Pemprov (Jatim) fokus dahulu untuk membangkitkan kembali gairah ekonomi,” pungkas Kusnadi.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here